Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag Tiba-Tiba

Jangan Panik, Ini Dia Cara Mengatasi Laptop Freeze atau Ngelag Tiba-Tiba

Kondisi laptop yang freeze atau hang seketika biasanya ditandai dengan ciri kursor mouse yang tak bisa digerakkan. Atau bisa juga saat aplikasi atau halaman tertentu mendadak tak bisa dibuka.

 

Banyak dari kita yang pasti pernah mengalami hal ini di tengah-tengah aktivitas penggunaan laptop. Dan tentunya, hal ini kerap membuat kita bingung dan panik, bukan?

 

Namun sebenarnya, kamu tak perlu khawatir apabila hal ini terjadi karena bukan berarti laptop kamu rusak permanen ya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop nge-freeze, seperti saat membuka aplikasi dalam waktu bersamaan.

 

Sebab, kondisi ini terjadi jika spesifikasi laptop yang tak menyanggupi untuk membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang sama. Sehingga kondisi inilah yang menyebabkan laptop hang atau freeze.

 

Meskipun masih banyak faktor lain yang membuat laptop nge-freeze mendadak, kabar baiknya, ada beberapa cara mengatasi laptop freeze dengan mudah yang bisa kamu coba. Yuk simak ulasannya berikut ini.

 

Baca juga: 5 Cara Mengembalikan File yang Terhapus di Laptop, Mudah Kok!

 

1. Gunakan tombol kombinasi "Ctrl + Alt + Del"

Ilustrasi orang menggunakan laptop (kompas)

 

Dalam kasus mengatasi laptop ngefreeze, tombol Ctrl + Alt + Del dapat Anda manfaatkan untuk mengakses Task Manager.

 

Fungsi dari kombinasi ketiga tombol ini bisa membantu untuk mengatasi laptop freeze, lho. Terdengar mudah bukan?

 

Dengan tombol ini, maka nantinya kamu akan dibawa ke sebuah menu, lalu kamu bisa mengakses Task Manager, Switch User, Sign Out, Lock atau bahkan mematikan atau restart laptop.

 

Nah, pada kasus laptop yang freeze, tombol ini bisa bermanfaat untuk mengakses Task Manager. Kemudian kamu bisa mengecek mana saja aplikasi yang menghabiskan banyak resource seperti  Memory, Disk atau bahkan CPU. Lalu, kamu bisa menonaktifkan beberapa resource tersebut supaya kinerja laptopmu bisa responsif lagi.

 

2. Suhu atau temperatur laptop mungkin terlalu panas

 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"