5 Cara Tambah RAM Laptop, Dijamin Bikin Kinerjanya Lebih Cepat

5 Cara Tambah RAM Laptop, Dijamin Bikin Kinerjanya Lebih Cepat

Masalah yang cukup sering terjadi ketika menggunakan laptop adalah kondisinya yang semakin lama semakin lemot. Biasanya, kondisi ini terjadi ketika kita sedang menggunakan aplikasi atau software tertentu.

Ada berbagai faktor yang menyebabkan laptop menjadi lemot, seperti adanya virus, VGA yang tidak memadai, atau seringkali malah dikarenakan masalah memori random access memory (RAM).

Biasanya, kondisi terakhir ini terjadi karena memang jumlah RAM pada laptop terlalu keci. Maka itu, solusi yang bisa kamu lakukan ialah dengan menambahkan RAM di laptop.

Nah, jika kamu belum tahu gimana cara tambah RAM laptop, yuk simak 5 langkahnya berikut ini.

1. Pastikan ada slot untuk menambahkan RAM

Ilustrasi orang menggunakan laptop (detik)

Sebelum kamu memutuskan untuk membeli RAM fisik, sebaiknya cek terlebih dahulu slot RAM di laptopmu. Caranya adalah dengan membuka bagian bawah laptop. Jika kamu menemukan satu slot kosong, itu berarti masih ada sisa tempat untuk menambah RAM baru.

Namun biasanya banyak juga laptop yang cuma bisa diisi dengan satu RAM saja. Dengan begitu, kamu perlu mengganti RAM tersebut dengan kapasitas yang lebih besar supaya bisa ditambahkan.

Baca juga: Cek Tips Mengatasi Laptop Lemot, Dijamin Ampuh

2. Pastikan slot RAM tidak disolder permanen

Perlu diketahui jika ada beberapa laptop dimana sudah memiliki satu slot RAM saja dan sudah disolder. Nah, jika sudah disolder seperti ini, itu berarti kamu tak bisa mengganti RAM yang kamu miliki.

3. Cek kompatibilitas laptop



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"