Jadi Negara yang Terkenal Bikin Barang KW, Matahari Buatan China Beneran Bisa Nyala

Jadi Negara yang Terkenal Bikin Barang KW, Matahari Buatan China Beneran Bisa Nyala

Barang-barang yang kita pake, dari dulu kalau dilihat dengan seksama ternyata buatan China. Mulai dari kebutuhan ujung kuku sampek ujung rambut dan kebutuhan hidup lain, ada labelnya Made In China.

Gak sebatas bikin barang dan kebutuhan hidup gengs, China juga bikin matahari buatan. Menggunakan tenaga nuklir yang disebut dengan reaktor HL-2M Tokamak. Pengangtifan matahari buatan ini dilakukan pada 4 Desember 2020.

Matahari buatan China (globaltimes.cn)

Seperti matahari yang jadi seumber energi bagi kehidupan bumi. Para peneliti di China berharap teknologi ini bisa menjadi sumber energi bersih dan terbarukan.

Reaktor tersebut adalah perangkat penelitian eksperimental fusi nuklir terbesar dan paling maju di China. Menggunakan medan magnet yang sangat kuat untuk menyatukan plasma panas. Suhu plasma panas ini bisa mencapai 150 juta derajad celcius gengs. Besranya sama dengan 10 kali panas inti matahari.

Reaktor HL-2M Tokamak adalah gabungan dari inti atom yang bisa menciptakan energi dalam jumlah besar. Berbeda dari proses fission yang digunakan dalam senjata atom dan pembangkit listrik tenaga nuklir. Proses fission mmebagi inti atom menjadi menjadi fragmen.

Fusi dari reaktor HL-2M Tokamak juga gak mengeluarkan gas rumah kaca dan mengurangi risiko kecelakaan atau kehilangan bahan atom.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"