Ini Alasan Kenapa Bumi Itu Bulat & Gak Boleh Diperdebatkan!

Ini Alasan Kenapa Bumi Itu Bulat & Gak Boleh Diperdebatkan!

Selama kita hidup di bumi, kita rasanya tak pernah bisa melihat secara utuh jika bumi itu benar-benar bulat. Dan untuk mengetahui kebenarannya, para peneliti sudah melakukan penelitian selama bertahun-tahun. Lalu apa jawabannya?

 

Para filsuf, astronom hingga pada ahli mengemukakan jika bentuk bumi itu benar-benar bulat. Hal ini semakin diperkuat saat banyaknya eksperimen yang sudah dilakukan di luar angkasa.

 

Dikutip dari NASA Space Place  Selasa (27/12/2022) bentuk Bumi bulat dikarenakan gaya gravitasi yang menarik secara rata dari segala sisi. Dan gaya inilah yang menarik dari inti atau pusat ke tepi.

 

Gaya gravitasi ini merupakan gaya yang diciptakan oleh seluruh benda yang punya massa. Massa disini merupakan jumlah materi penyusun dalam sebuah benda. Hal itulah yang menjadikan bumi berbentuk seperti bola yang adalah lingkaran dengan format 3 dimensi.

 

Ilustrasi planet bumi (kompas)

Beberapa kali dari kita mungkin pernah menyaksikan video dokumenter perjalanan luar angkasa dari astronout. Di video itu juga terlihat bila bumi punya bentuk bulat seperti bola.

 

Para ilmuwan juga setuju jika bumi punya bentuk yang sedikit elips. Rotasinya juga menciptakan gaya sentrifugal sehingga membuat bumi berbentuk lebar dengan garis khatulistiwa dibandingkan di bagian kutub.

 

Dan bentuk bulat atau elips ini juga dimiliki planet lain. NASA menjelaskan jika planet-planet terbentuk saat materi yang ada di luar angkasa bertabrakan dan menggumpal. Proses ini memiliki gravitasi yang besar sehingga menyatukan materi di ruang angkasa.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"