Honda Akan Buat Mobil Listrik Menggunakan Teknologi Baterai dari General Motors

Honda Akan Buat Mobil Listrik Menggunakan Teknologi Baterai dari General Motors

Honda bukanlah pemain baru dalam dunia otomotif. Bahkan bisa disebut sebagai legenda. Tetapi di ranah kendaraan listrik (EV), perusahaan asal Jepang ini masih harus lebih banyak lagi berkecimpung.

Untuk itu Honda akan meluncurkan di AS dan Kanada dua model EV baru pada tahun 2024 mendatang. Dan mobil listrik ini mengambil platform teknologi baterai milik General Motors (GM). 

Menurut GM EVP Doug Parks, kedua perusahaan ini telah bekerja sama untuk mencapai "masa depan semua bertenaga listrik" dan untuk memberikan "bisnis EV yang menguntungkan melalui peningkatan skala dan pemanfaatan kapasitas."

Honda akan gunakan baterai mobil General Motors (hagerty.com)

Karena mereka masih akan menjadi kendaraan Honda, pembuat mobil Jepang akan bertanggung jawab atas desain interior dan eksteriornya. 

Kedua model mobil ini akan diproduksi di pabrik GM di Amerika Utara, karena akan menggunakan teknologi GM. Selain itu, mereka juga akan menampilkan servis keselamatan dan keamanan OnStar milik GM.

Sebuah laporan dari 2019 mengatakan Honda mengembangkan platform EV modular sendiri, tetapi tidak akan siap sampai 2025. 

Sementara itu, platform global EV GM siap digunakan dan akan menjadi dasar untuk berbagai kendaraan oleh merek-merek pembuat mobil, termasuk Chevy dan Cadillac.

Honda akan gunakan baterai mobil General Motors (businessinsider.com)

Platform GM ditenagai oleh baterai Ultium perusahaan, yang dapat memberika jangkauan sejauh 400 mil dan 0 hingga 60MPH dalam 3 detik. Versi baterai terbaru juga lebih murah untuk diproduksi daripada yang sebelumnya, dan memiliki kemampuan pengisian cepat 200kW.

Kerjasama ini tentu bukan pertama kalinya bagi Honda dan GM. Kedua pembuat mobil itu bekerja sama untuk mengembangkan sel bahan bakar hidrogen di masa lalu dan berkolaborasi untuk membangun Cruise Origin, sebuah van listrik otonom yang dapat digunakan sebagai robotaxi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"