Google Hapus Ratusan Aplikasi Android Jahat yang Banyak Diunduh di Indonesia

Google Hapus Ratusan Aplikasi Android Jahat yang Banyak Diunduh di Indonesia

Ada hot news nih.... Saat ini nih ya kabarnya pihak Google tengah menghapus lebih dari 240 aplikasi jahat di Google Play Store nih, Kok bisa?

Pasalnya, aplikasi ini dianggap jahat karena menampilkan iklan di luar konteks dan mengganggu kenyamanan pengguna. Tragisnya, ratusan aplikasi tersebut sudah banyak di-download pengguna Android, termasuk Indonesia gitu.

Iklan diluar konteks dilarang Google

Iklan diluar konteks dilarang Google Aplikasi jahat (Suara.com)


Seperti yang dlansir dari Kumparan.com, Firma keamanan siber, White Ops menjelaskan iklan di luar konteks sebetulnya sudah dilarang di Google Play Store sejak Februari tahun ini. Sejauh ini paling tidak sudah ada 600 aplikasi yang diblokir Google sejak aturan itu berlaku. 

Pengembang aplikasi nakal biasanya menampilkan iklan di luar konteks seakan-akan berasal dari aplikasi resmi. Misalnya, iklan menampilkan video YouTube, namun sebenarnya iklan tersebut bukan dari YouTube, tapi berasal dari aplikasi lain. 

"Kami telah menemukan klaster baru dengan lebih dari 240 aplikasi Android yang menampilkan deretan iklan mengganggu, tetapi pengembang membuatnya terlihat seperti muncul dari aplikasi resmi," tulis laporan White Ops di blog resminya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"