Gokil! Ilmuwan Berencana Melubangi Asteroid untuk Tempat Tinggal Manusia

Gokil! Ilmuwan Berencana Melubangi Asteroid untuk Tempat Tinggal Manusia

Ilmuwan mengungkapkan jika ada suatu konsep yang aneh di kehidupan ini, tapi kemungkinan besar bisa saja terjadi. Mereka sedang melakukan sebuah studi untuk melubangi asteroid agar bisa menjadi tempat tinggal manusia di kemudian hari.

 

Di dalam makalah mereka, parah ali asal University of Rochester memberikan ide untuk melubangi asteroid, lalu meningkatkan putarannya sehingga menciptakan gravitasi buatan.

 

Lalu asteroid tersebut bakal di diselimuti sebuah kantong jala fleksibel yang terbuat dari serat nano karbon supaya puing-puing tidak pecah ketika berputar.

 

Para tim peneliti juga menjelaskan bahwa konsep ini memang masih teoritis dan butuh kapasitas teknik yang sebelumnya belum pernah ada.

 

"Makalah kami berada di antara sains dan fiksi ilmiah," kata penulis studi Adam Frank di University of Rochester, seperti dikutip dari Daily Mail.

 

"Kami terinspirasi ide fiksi ilmiah yang sangat populer baru-baru ini, dari acara TV seperti The Expanse dari Amazon, dan menawarkan cara baru dengan menggunakan asteroid untuk membangun kota diluar angkasa," ujarnya.

Para ilmuwan dari University of Rochester meneliti soal asteroid yang bakal dijadikan tempat tinggal manusia di masa mendatang (detikinet)

 

"Berdasarkan perhitungan kami, asteroid berdiameter 300 meter yang hanya berjarak beberapa lapangan sepak bola dapat diperluas menjadi habitat ruang silinder dengan luas kira-kira seukuran kota Manhattan," sambungnya.

 

Tim ini terinspirasi oleh silinder O'Neill, sebuah konsep pemukiman luar angkasa yang diusulkan oleh fisikawan AS Gerard K. O'Neill pada tahun 1976.

 

Kota futuristik ini bakal terdiri dari dua silinder yang terhubung yang berputar secara berlawanan arah. Silinder ini bakal berputar cepat agar gravitasi bisa tercipta. Akan tetapi, hal ini juga akan menjadi lambat sehingga orang yang tinggal di dalamnya akan  mengalami mabuk perjalanan.

 

Miliarder Jeff Bezos dan Elon Musk, yang masing-masing punya Blue Origin dan SpaceX mereferensikan silinder O’Neill dalam visi mereka agar menjadi habitat di luar angkasa pada masa depan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"