Filosofi Angka Nol, dari Ketiadaan Kini Menjadi Pondasi Teknologi

Filosofi Angka Nol, dari Ketiadaan Kini Menjadi Pondasi Teknologi

Generasi millennial sangat beruntung karena bisa mengenal berbagai teknologi canggih seperti smartphone, televisi, dan lain-lain. Namun tahukah kamu perkembangan pesat ini tak lebih dari peran serta angka nol (0)? Angka ini memiliki sejarah panjang, dari awalnya dianggap tiada hingga menjadi salah satu pondasi teknologi.

Dunia komputer modern tercipta karena bantuan binary, yaitu bilangan basis yang hanya mengenal 0 (nol) dan 1 (satu). Dalam hal ini, tiap satu transistor merepresentasikan adanya arus listrik atau tidak. Dengan menggunakan 4 transistor saja ada 16 kemungkinan nilai binarinya berbeda hanya dengan menggunakan kombinasi angka 0 dan 1.

Angka Nol (via Tribunnews)

Pelbagai kombinasi 0 dan 1 yang berbeda ini lantas digunakan untuk menerjemahkan segala huruf, angka, karakter hingga perintah yang  oleh perangkat komputer. Bila digabungkan dengan kekuatan prosesor saat ini, seperti Apple M1 yang memiliki 16 miliar transistor, angka 0 dan 1 merupakan salah satu pondasi utama terpenting di dunia modern seperti sekarang ini.

Selain itu angka 0 merupakan satu dari dua angka yang dianggap membangun binary ini.  Namun di sisi lain, angka 0 juga dianggap menakutkan, karena ketika kita membagi apapun dengan angka 0 maka sesuatu yang mengerikan akan terjadi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"