Ekor Robot untuk Manusia, Proses Evolusi yang Tak Sempurna

Ekor Robot untuk Manusia, Proses Evolusi yang Tak Sempurna

Menurut teori evolusi, manusia tak lagi membutuhkan ekor seperti kebanyakan primata untuk menjaga keseimbangan badan. Tetapi peneliti dari Jepang ini malah mengadirkan ekor robot buat manusia lagi.

Ada banyak produk berbentuk ekor di pasaran yang dapat dipakai untuk manusia, tetapi biasanya hanya untuk kegiatan hiburan seperti cosplay dan lainnya. Tetapi yang satu ini berbeda. Para peneliti di Universitas Keio di Jepang telah menciptakan ekor robot yang dapat membantu gerak manusia jika dikenakan.

Mereka mengatakan bahwa ekor robot ini akan meningkatkan keseimbangan dan ketangkasan penggunanya. Tapi tunggu dulu, kenapa ekor? Biasanya keseimbangan dan ketangkasan datang dari teknologi eksoskeleton gitu ya? Mari kita simak penjelasannya terlebih dahulu.

Ekor robot "Arque" (thenewstack.io)

Cara termudah untuk memahami apa yang mengilhami ciptaan ini adalah dengan menonton video monyet dengan mudah melompat dari pohon ke pohon. Ekor mereka tidak hanya berfungsi sebagai anggota badan tambahan untuk memegang cabang tetapi juga membantu mereka memposisikan tubuh mereka di tengah saat melompat agar mendarat dengan aman. 

Teknik instingtif dari monyet adalah dengan menggeser pusat keseimbangan saat bergerak. Jika terlalu berat ke satu arah, ekor akan bergerak ke arah lawannya. Para peneliti memberi nama penemuan ini dengan "Ekor Arque". Pada dasarnya ekor robot ini melakukan hal yang sama untuk manusia, meskipun melompat dari cabang pepohonan yang tinggi belum direkomendasikan.

Ekor ini bisa memberi manusia tingkat kelincahan yang sama seperti kucing, tetapi desain ekor tersebut sebenarnya meniru bagian ekor dari kuda laut. Arque dirakit dari serangkaian tulang punggung plastik yang saling berhubungan yang dapat disesuaikan untuk setiap pemakai dengan hanya menambahkan lebih banyak segmen, atau bobot counter-balancing, tergantung pada ukuran orang yang memakainya. 

Di dalam ekor terdapat empat otot buatan yang ditenagai oleh udara terkompresi yang berkontraksi dan mengembang dalam kombinasi berbeda untuk menggerakkan dan menggulung ekor ke segala arah. Desain saat ini tergantung pada kompresor udara eksternal untuk menghasilkan tekanan yang cukup untuk ekor untuk benar-benar bergerak. Tetapi karena penelitian pada otot buatan belakangan ini terus berkembang, mungkin suatu saat yang diperlukan oleh otot-otot ini adalah baterai yang kuat.

Monyet menggunakan ekor untuk keseimbangan (astralvisions.wordpress.com)

Aplikasi paling cepat untuk ekor Arque adalah untuk membantu pekerja yang ditugaskan mengangkat atau membawa benda berat. Seperti setelan exoskeleton yang meningkatkan kemampuan otot-otot pemakainya, ekor bekerja seperti penyeimbang sehingga dibutuhkan sedikit kekuatan untuk mengangkat sesuatu dari tanah.

Tetapi tidak seperti exoskeleton, ekornya jauh lebih mudah untuk dinyalakan dan dimatikan. Para peneliti yang menciptakan Arque juga percaya bahwa teknologi ini bisa menjadi cara yang efektif untuk menambahkan umpan balik haptik seluruh tubuh kepada orang yang menjelajahi dunia virtual, mengubah keseimbangan dan momentum mereka untuk meniru apa yang dialami tubuh mereka di dunia virtual.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"