EA Bayar 1 Juta Dolar kepada Ninja buat Streaming Apex Legends

EA Bayar 1 Juta Dolar kepada Ninja buat Streaming Apex Legends

Bukan rahasia lagi jika EA membayar streamer top untuk mempromosikan (dan sampai batas tertentu, meng-influence) orang untuk gim mereka, Apex Legends. Pertanyaannya adalah berapa banyak yang dihasilkan para streamer itu? Dalam satu kasus, ternyata hal yang dihasilkan cukup banyak. 

Sebuah sumber Reuters mengklaim bahwa EA membayar Ninja (alias Tyler Blevins) 1 juta dolar untuk bermain game pada bulan Februari yang lalu. Dia mungkin juga tidak wajib bermain lama. Seorang juru bicara EA mengatakan kepada Kotaku bahwa gameplay apa pun yang streaming setelah "tengah hari" pada Februari itu adalah "sepenuhnya organik" - yaitu kalau saja para streamer ingin terus bermain.

Tyler 'Ninja' Blevins (engadget.com)

Itu jumlah yang besar bahkan untuk Ninja. Dia mengakui kepada CNN pada bulan Desember bahwa dia menghasilkan $ 500.000 per bulan (bisa lebih banyak jika "pada bulan yang baik"), tetapi pendapatan tersebut akan dibagi bersama Twitch, YouTube dan sponsor. Sehingga yang diberikan EA tentu berkali lipat dari sekadar yang didapat dari streaming.

Tidak pasti berapa banyak yang streamer dapatkan, termasuk dari gelombang awal streamer terkenal seperti Shroud (Michael Grzesiek) dan Myth (Ali Kabbani). Drew McCoy dari Respawn tidak sungkan-sungkan menyebutkan tujuan dari rencana ini.

Dia mengatakan kepada Reuters dalam sebuah wawancara bahwa tim menginginkan "hari di mana kalian tidak dapat melarikan diri dari Apex bahkan jika kalian tidak peduli dengan permainan." Ini adalah serangan khas media klasik, hanya pada layanan streaming langsung, bukan TV.

Streaming Apex Legends (youtube.com)

Namun, jumlah tersebut menunjukkan betapa pentingnya streaming game langsung, setidaknya dalam genre battle royale. Daripada memilih untuk kampanye media konvensional, perusahaan semakin bersedia menghabiskan jutaan untuk memastikan permainan mereka mendominasi Twitch dan layanan serupa.

Hal ini memang menimbulkan kekhawatiran tentang streamer yang mengungkapkan pembayaran mereka (tidak selalu jelas), tetapi tidak akan mengejutkan jika taktik pemasaran ini menjadi lebih umum mengingat betapa suksesnya Apex.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"