Di Negara Ini Pengemudi Gak Bisa Main Hape Sambil Berkendara

Di Negara Ini Pengemudi Gak Bisa Main Hape Sambil Berkendara

Main hape sambil berkendara tuh membahayakan diri sendiri dan orang lain. Nah, di negara ini pengemudi gak bisa main hape sambil berkendara lagi. Di mana hayo?

Tepatnya di negara bagian New South Wales (NSW), Australia. Para pengemudi di sana dipaksa untuk fokus berkendara dan gak boleh menggunakan ponsel. Sebab, ancaman hukuman berupa denda akan diberlakukan.

Wah, yang begini-begini nih ... bahaya! (multivu.com)

NSW yang beribukota di Sydney itu memanfaatkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Beberapa kamera yang disebar di jalan bisa mendeteksi ponsel yang sedang dipegang pengemudi.

Sementara kamera lainnya akan memotret nomor plat mobil tersebut. 

Pengemudi yang terdeteksi lagi main hape saat berkendara akan diperiksa berdasarkan hasil rekaman oleh otoritas jalan raya setempat. Selajutnya, surat peringatan dan denda akan dikenakan pada orang itu.

Nah lho, ketauan main hape sambil nyetir tuh (autoblog.com)

Andrew Constance, Menteri Transportasi negara bagian NSW, mengatakan bahwa langkah ini diambil sebagai upaya menyelamatkan jiwa para pengguna jalan raya.

Gak peduli siang, malam, atau lagi hujan sekalipun, siapa aja bisa kena kalo melanggar. Sebab, kamera berkualitas high-definition dengan teknologi AI di dalamnya itu bisa mengenali ponsel yang dipegang para pengemudi saat melaju di jalan raya.

Sejak Januari hingga Juni 2019, kamera percobaan berteknologi AI ini telah dipasang. Kamera itu telah mendeteksi sekitar 8,5 juta kendaraan yang melewatinya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"