Desain Kontroler Konsol Next-Gen Sony Terungkap Lewat Gambar Diagram Paten

Desain Kontroler Konsol Next-Gen Sony Terungkap Lewat Gambar Diagram Paten

Sony memang baru akan merilis konsol next-gen mereka sekitar satu tahun lagi. Namun saat ini kita sudah bisa sedikit mengintip apa saja yang akan dimiliki konsol tersebut lewat paten desain kontrolernya. Laman videogameschronicle menemukan gamber sketsa kontroler di kantor paten Jepang untuk pertama kalinya. 

Perubahan apa saja yang akan dimiliki kontroler tersebut tanpa harus meninggalkan terlalu jauh ciri khas konsol buatan Sony. Dan sekilas kontroler baru ini tidak terlihat berbeda dari DualShock 4 yang selama ini kita kenal, tetapi ada beberapa perbedaan penting dari desain.

Desain kontroler konsol next-gen Sony (j-platpat.inpit.go.jp)

Pertama-tama, Sony memutuskan untuk tidak lagi menyertakan light bar di bagian bawah kontroler. Ketika dikombinasikan dengan baterai berkapasitas lebih tinggi yang sudah sejak lama direncanakan Sony, absennya light bar akan menambah masa pakai baterai secara signifikan.

Berdasarkan diagram, kontroler juga meninggalkan desain dual tone seperti pada pendahulunya. Termasuk mengganti tombol trigger di tengah menjadi lebih besar. 

Satu detail unik dari kontroler ini adalah ditambahkannya dua lingkaran terpisah di bagian bawah yang mirip dengan jack headphone dan microfone. Memang terlihat agak aneh sih. 

Namun, detail terbesar dari sketsa paten ini mungkin adalah justru yang tidak diubah oleh Sony. Seperti DualShock 4, kontroler baru perusahaan sepertinya akan tetap menampilkan thumbsticks simetris. 

Tata letak thumbstick simetris ini selalu menjadi perdebatan bagi penggemar konsol PlayStation dan Xbox. Mereka kerap membandingkan kelebihan dan kekurangannya dengan layout asimetris.

Desain kontroler konsol next-gen Sony (j-platpat.inpit.go.jp)

Bagaimanapun juga, seperti kebanyakan paten dalam bentuk diagram garis, yang terbaik adalah tidak terlalu banyak menginterpretasi gambar-gambar ini. Laman Wired mengatakan prototipe kontroler baru Sony tampak "sangat mirip dengan PS4 DualShock 4" dalam artian buruk. Ya mungkin saja desain akhir bisa berbeda secara signifikan dari apa yang kita lihat sekarang ini.

Apa pun nanti bentuknya, setidaknya kita memiliki beberapa detail tentang kemampuan kontroler baru tersebut. Dalam artikel Wired yang sama, Mark Cerny dari Sony mengatakan periferal akan menampilkan peningkatan rumble dan feedback haptic, sehingga dapat memberikan pengalaman sensasi sentuhan berbeda dan lebih baik kepada pemain. 

Termasuk juga tombol trigger "adaptif" untuk selanjutnya dapat diprogram oleh para pengembang jika mereka ingin memberikan sensasi tekanan dan kekuatan tekanan yang berbeda dari masing-masing judul video gim. Desain paten kontroler konsol next-gen Sony ini juga masih menyertakan lobang USB-C untuk pengisian daya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"