Berniat Beli Laptop Bekas? Yuk, Simak Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Berniat Beli Laptop Bekas? Yuk, Simak Hal Apa Saja yang Harus Diperhatikan Sebelum Membeli

Membeli laptop dalam kondisi bekas tidak masalah, selagi laptop tersebut masih dalam kondisi baik. Maka itu, membeli laptop bekas perlu kehati-hatian agar kamu tidak mendapatkan barang yang ‘zonk’.

 

Lantas, gimana sih tips membeli laptop bekas? Bagian apa saja yang harus diperhatikan? Biar gak bingung, yuk simak ulasan lengkapnya berikut ini.

 

1. Cek Bodi Laptop

 

Bagian utama yang harus jadi perhatianmu adalah kondisi bodi laptop. Pastikan tak ada bagian bodi yang lecet, pecah dan sebagainya.

 

Tapi, bila terburuknya ada sisi laptop yang lecet atau retak, sudah dipastikan kalo laptop tersebut pernah terjatuh. Dan dampaknya biasanya bakal berimbas ke komponen di dalamnya yang kemungkinan besar akan mengalami sedikit kerusakan.

2. Cek kondisi layar dan LCD

Ilustrasi orang menggunakan laptop (detik)

 

Berikutnya, cek kondisi layar dan LCD, baik saat dinyalakan atau dimatikan.

 

Ketika laptop mati, lihat apakah layar LCD-nya benar-benar bersih dan terbebas dari bintik-bintik, serta apakah ada bercak hitam yang tertinggal di sana atau tidak.

 

Tips sederhana lainnya saat pengecekan LCD ialah dengan membuka tutup layar secara perlahan. Layar laptop yang bermasalah bila digoyang-goyangkan biasanya akan lebih kendor serta mengeluarkan warna hitam atau putih. Hal ini bisa mengartikan jika layar LCD-nya memang sudah mulai rusak.

 

3. Cek keyboard dan trackpad

 

Keyboard dan trackpad adalah bagian penting pada laptop. Itu sebabnya, kamu harus mengecek kedua bagian ini saat hendak membeli laptop bekas.

 

Caranya adalah dengan mengetik di laptop terlebih dahulu. Jika ada kerusakan, biasanya kamu pasti akan menyadari hal itu. Begitu pun pada  trackpad. Cobalah untuk mengecek apakah ada pointer yang berkendala atau tidak.

 

4. Cek koneksi nirkabel (wireless)



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"