AMD Hadirkan Generasi ke-3 CPU Ryzen Threadripper

AMD Hadirkan Generasi ke-3 CPU Ryzen Threadripper

Prosesor Threadripper AMD generasi ke-3 kini telah hadir. Bagaimana peluang raja 'core' ini gengs? Apakah kembali mangandaskan CPU Intel seperti pendahulunya?

Tak hanya membawa prosesor Ryzen 9 terbaru, AMD juga kembali mendatangkan CPU Ryzen Threadripper generasi ke-3 yang dibangun dengan arsitektur 7-nanometer "Zen 2", dan kinerjanya terlihat mengesankan. 

Seperti sebelumnya, ada varian 24-dan 32-core, TR 3960X dan TR 3970X, masing-masing dengan base clock pada 3,8GHz/3,7GHz dan boost kecepatan maksimum hingga 4,5GHz. 

Kedua chip ini akan berjalan dengan menggunakan chipset motherboard AMD all-new TRX40 dengan 72 jalur PCIe 4.0 yang tersedia dan 12 port SuperSpeed ​​USB-C 3.1 gen2 10Gbps.

AMD hadirkan CPU Threadripper gen-3 (engadget.com)

Chip dan motherboard ini ditujukan untuk pembuat konten, karena core ekstra dan bandwidth PCIe 4.0 yang lebih tinggi tidak akan banyak membantu gamer. 

Faktanya, chip Threadripper hampir selalu memiliki kinerja lebih buruk ketika digunakan dalam game daripada chip desktop Ryzen lain seperti Ryzen 9 3950X yang baru.

Dengan ini, AMD mengklaim bahwa Ryzen TR 3970X akan meningkatkan kemampuan encoding Adobe Premiere CC 2019 hingga 47 persen dibandingkan dengan Intel Core 18-core Core i9-9980XX dengan harga yang sama.

AMD hadirkan CPU Threadripper gen-3 (autodesk.com)

Bahkan versi 3960X yang lebih murah masih akan memberikan kecepatan 22 persen lebih cepat dari chip Intel. Sedangkan untuk konsumsi daya, kedua chip memiliki 280W TDP, sehingga i9-9980XE memiliki keuntungan besar di sana dengan TDP 165W.

Untuk bermain game, chip Intel mungkin masih bisa mengalahkan Threadrippers, terutama saat di-overclock. 

Juga patut dicatat bahwa kedua Threadrippers generasi ke-3 menggunakan "Socket sTRX4" AMD yang baru. Soket ini idak kompatibel dengan model generasi ke-2 sehingga tidak dapat digunakan pada motherboard soket sTR4 lama. 

AMD memang mengatakan bahwa soket baru akan memungkinkan "skalabilitas," tanpa memberikan rincian lebih lanjut.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"