Aduh Ngeri! Bumi Terancam Mengalami Kiamat Internet Karena Badai Matahari, Begini Penjelasan Ilmuwan

Aduh Ngeri! Bumi Terancam Mengalami Kiamat Internet Karena Badai Matahari, Begini Penjelasan Ilmuwan

Ilmuwan telah mengetahui selama beberapa dekade bahwa badai matahari yang ekstrem, dapat merusak jaringan listrik dan berpotensi menyebabkan pemadaman listrik berkepanjangan.

Dampaknya akan terasa di mana-mana mulai dari rantai pasokan global dan transportasi hingga akses internet dan GPS. Namun, yang kurang diteliti sampai sekarang adalah dampak emisi matahari seperti itu pada infrastruktur internet secara khusus. Penelitian baru menunjukkan bahwa kegagalan bisa menjadi bencana besar, terutama untuk kabel bawah laut yang menopang internet global.

Badai Matahari (voi.id)

Pada konferensi komunikasi data SIGCOMM 2021 pada hari Kamis, Sangeetha Abdu Jyothi dari University of California, Irvine mempresentasikan “Solar Superstorms: Planning for an Internet Apocalypse,” pemeriksaan kerusakan awan partikel matahari yang bergerak cepat dapat menyebabkan kerusakan global internet.

 

Penelitian Abdu Jyothi menunjukkan nuansa tambahan pada badai matahari yang menyebabkan pemadaman listrik: skenario di mana bahkan jika listrik kembali dalam hitungan jam atau hari, pemadaman internet massal tetap ada.

Kabar baiknya, Abdu Jyothi menemukan bahwa infrastruktur internet lokal dan regional akan memiliki risiko kerusakan yang rendah bahkan dalam badai matahari besar-besaran, karena serat optik itu sendiri tidak terpengaruh oleh arus yang diinduksi secara geomagnetik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"