5 Teknologi Kuno yang Bikin Bingung Para Ahli Karena Keliatan Lebih Canggih dari Zamannya

5 Teknologi Kuno yang Bikin Bingung Para Ahli Karena Keliatan Lebih Canggih dari Zamannya

Teknologi yang kita ketahui saat ini gak mungkin tercipta kalo gak ada yang memulainya. Siapa yang memulai? Orang-orang yang hidup pada ratusan atau mungkin ribuan tahun silam.

Meski begitu, kita gak bisa menyepelekan penemuan yang dilakukan orang-orang jaman dulu. Soalnya, para ahli juga sempet dibikin bingung dengan temuan-temuan teknologi kuno. Karena ... teknologi kuno itu justru keliatan lebih canggih dari zamannya.

Temuan-temuan itu bikin bingung para ahli dan bakal bikin bertanya-tanya: "Kok bisa ya?" Inilah 5 teknologi kuno yang bikin bingung para ahli karena keliatan lebih canggih dari zamannya.

#1 Baterai Baghdad

#1 Baterai Baghdad Baterai Baghdad, teknologi kuno yang canggih nih~ (ancient-origins.net)

Baterai adalah teknologi mutakhir yang sangat memudahkan kehidupan kita. Tapi tau nggak? Ternyata para ahli pernah menemukan sebuah baterai yang diyakini telah berusia 2000 tahun!

Padahal, para ahli sebelumnya yakin kalo belum ada manusia yang bisa membuat teknologi canggih itu. Hingga akhirnya ditemukanlah Baterai Baghdad. Baterai ini berbentuk silinder yang terbuat dari metal dan berisi aspal dan bahan lainnya.

Para ahli juga mengatakan baterai itu perlu diisi dengan cairan alkalin untuk memproduksi aliran listrik. Kalo begitu ... berarti sebenernya orang jaman dulu juga bisa memproduksi listrik ya~

Kalo benar penemuan para ahli itu adalah baterai berusia 2000 tahun, kok bisa ya baterai baru ditemukan lagi ribuan tahun setelah baterai itu diciptakan pertama kalinya? Bikin bingung nih~

#2 Bola batu raksasa

#2 Bola batu raksasa Bola batu raksasa yang aneh, kok bisa ya? (greenglobaltravel.com)

Bola batu raksasa pertama kali ditemukan kembali tahun 1930-an. Bola batu itu ditemukan ketika beberapa pekerja membuka lahan untuk membuat perkebunan pisang.

Mereka kaget ketika menemuan puluhan batu raksasa yang halus dan berbentuk bulat sempurna. Ukurannya pun bermacam-macam. Yang paling kecil berdiameter 8 kaki dan beratnya mencapai 16 ton.

Bola batu raksasa itu diyakini dibuat oleh manusia jaman dulu. Tapi pertanyaannya ... gimana cara orang jaman dulu membentuk batu-batu itu jadi bulat sempurna begitu? Alat apa yang mereka gunakan pada jaman itu sampe bisa halus begitu?

Penemuan teknologi kuno ini langsung membuat bingung para ahli dan masih menjadi misteri hingga kini.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"