Sempat Anggap Pengganggu Tidur, Artis Indonesia Berdarah Skotlandia Ini Putuskan Mualaf Setelah Dapat Hidayah Dari Adzan

Sempat Anggap Pengganggu Tidur, Artis Indonesia Berdarah Skotlandia Ini Putuskan Mualaf Setelah Dapat Hidayah Dari Adzan

Wahyu Soeparno Putro merupakan salah satu artis Indonesia yang sering menghiasi layar kaca sebagai pembawa acara religi bertajuk Rahasia Sunnah yang tayang di Trans7. Artis berdarah campuran Skotlandia ini memulai kariernya sebagai pesinetron. Kala itu, dia dikenal dengan penampilannya yang kerap berdandan seperti wanita. Belakangan dia kembali disorot karena kisah mualafnya .

Sebelum berkarier di Indonesia, pria bernama asli Dale Andrew Collins Smith itu merupakan anak rantau dari Australia yang pindah ke Yogyakarta dan bekerja di sebuah usaha kerajinan pada 1999. Dikutip dari Republika, saat itulah Wahyu harus menghadapi kehidupan dengan tradisi yang sangat berbeda dari asal-usulnya.

Salah satunya, dia harus mendengarkan suara adzan yang berkumandang setiap hari dari masjid yang letaknya berdekatan dengan tempat tinggalnya di kota gudeg itu. Mulanya, pemain sinetron Toyib Minta Kawin itu merasa terganggu dengan suara adzan tersebut dan menganggap mengusik kenyaman tidurnya.

Foto: Wahyu Soeparno (Kapanlagi)

Menurut Wahyu Soeparno Putro, suara adzan itu seperti menggedor-gedor telinganya. Dia tidak pernah mendapatkan situasi tersebut selama tinggal di Skotlandia dan Australia. Sampai akhirnya, dia mulai terbiasa. Bahkan adzan itu membuatnya berubah jadi sering terbangun di pagi hari. Padahal dari kecil dia mengaku tidak pernah bangun pagi.

“Ini yang membuat saya heran. Padahal sejak kecil saya tak pernah bisa bangun pagi, tapi di sana (Yogyakarta) saya mampu merubah pola hidup saya untuk bangun pagi,” ungkap Wahyu Soeparno Putro yang dikutip Jumat, 8 April 2022.

Melalui rasa heran tersebut, Wahyu mulai tertarik pada agama Islam. Adzan itu seperti awal pertemuannya dengan Islam. Perlahan hidayah itu pun masuk ke jiwanya. Dia mulai mencari tahu dan mencoba bertanya. Wahyu Soeparno Putro pun sempat bertanya ke ustaz tentang pengalamannya dengan adzan dan jawaban ustaz tersebut membuat hati Wahyu tersentuh.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"