Coldplay Sumbangkan Kapal Pembersih Sampah Di Sungai Cisadane, Gini Bentuk Neon Moon II

Coldplay Sumbangkan Kapal Pembersih Sampah Di Sungai Cisadane, Gini Bentuk Neon Moon II

Coldplay menyumbangkan kapal pembersih sampah di Sungai Cisadane Tangerang, Banten setelah menggelar konser bertajuk Musif of Spheres World Tour di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta pada Rabu, 15 November 2023. 

Kapal pembersih sampah yang diberi nama Neon Moon II itu menjadi salah satu bentuk dukungan Chris Martin cs dalam isu kerusakan lingkungan. Bentuk kapal Neon Moon II ini diperlihatkan oleh akun Instagram The Ocean Cleanup.

"Coldplay terus mendukung misi The Ocean Cleanup untuk membersihkan lautan plastik dengan mengadopsi interceptor kedua, Interceptor 020 alias Neon Moon II akan ditempatkan di Sungai Cisadane, Jakarta," tulis keterangan dalam akun The Ocean Cleanup.

Ocean Cleanup sendiri merupakan organisasi yang mengembangkan teknologi guna melakukan pembersihan sampah plastik yang ada di perairan. Tampak dalam videonya, kapal Neon Moon II memiliki kombinasi warna putih dan biru.

Potret Kapal Neon Moon Yang Disumbangkan Coldplay (Berbagai Sumber)

Kapan Neon Moon II ini sendiri masih tahap persiapan. Untuk progresnya, bisa dilihat melalui website atau akun Instagram resmi dari The Oceon Cleanup. Nantinya, bentuk kapal sampah di Cisadane tak jauh berbeda dengan kapal sebelumnya.

Di tahun 2021, Coldplay juga pernah menyumbangkan kapal Neon Moon I untk membersihkan sampai yang ada di Sungai Klang, Malaysia. Dalam video terlihat bagaimana cara kerja kapal Neon Moon yakni kapal akan mengambil sampah plastik dari air lalu mengolahnya.

Kapal Neon Moon I tersebut sudah berhasil membersihkan sekitar 1 juta kilogram plastik dan mencegahnya sampai ke lautan. Saat ini, kapal Neon Moon yang disumbangkan Coldplay masih dikembangkan dan bakal digunakan di kawasan Asia Tenggara.

Kapal Neon Moon sendiri menargetkan untuk membersihkan sekitar seribu sungai di seluruh dunia. Mereka pun merasa senang bisa memberikan dampak besar dalam melawan polusi plastik yang ada di kawasan Asia.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"