Cerita Hilbram Dunar Saat Jalani Pengobatan Kanker, Biang Penyakitnya Sempat Ketemu

Cerita Hilbram Dunar Saat Jalani Pengobatan Kanker, Biang Penyakitnya Sempat Ketemu

Secara mengejutkan, Hilbram Dunar telah berpulang di usia yang masih menginjak 48 tahun. Hal ini telah resmi dibenarkan oleh pihak keluarga, yang menyatakan bahwa mendiang menghembuskan terakhir pada Minggu (31/3/2023) dini hari. Beberapa bulan sebelum meninggal, presenter itu memang sempat mengungkapkan perihal dirinya yang mengidap kanker usus, dan mulai menjalani kemoterapi sejak November 2023 lalu.

Saat pertama kali menjalani kemoterapi, Hilbram sempat menceritakan pengalamannya menjalani kemoterapi. Dalam sebuah unggahan di akun Indra Hadiwidjaja, sang presenter mengungkapkan bagaimana sesi yang dijalaninya saat itu, serta apa saja yang dia rasakan selama pengobatan.

Gbr 1 Cerita Hilbram Dunar Jalani Kemoterapi (via TikTok Indra Hadiwidjaja)

Pertama-tama, dia menjalani suntikan di bagian paha. Proses pengobatan dilakukan sedikit demi sedikit demi mencegah rasa sakit yang berlebihan. Setelahnya, baru tindakan dilakukan pada sel tumor yang lebih besar.

“Ini pertama disuntik dikit sama dokter. Bukan di perut, tapi di pahanya. Belum (langsung perut), ini baru yang sedikit biar nggak terlalu sakit, (nanti) baru yang gede. (Kalau) nggak terasa, baru dimasukin. Masukin kayak kabel gitu, lho,” ungkapnya dalam video yang diunggah pada 7 November 2023 silam itu.

“Terus tiba-tiba papa merasa perut papa panas, tahan napas, terus tiba-tiba ngalir. Tiba-tiba kayak pengen pup. Perih gitu, terus tiba-tiba ada kayak perih gimana gitu. Dokter ngomong ‘Di mana lagi?’,  ini, ini, ini, dicari lagi kemudian tahan napas, dimasukin lagi kaya keisi perutya. Whuuz gitu, ada yang dingin. ‘Udah udah udah belum? Oh itu pakai ini aja gitu, pakai obat ini, ini’ jadi masukin lagi, ya. Ya, tahan napas lagi, dimasukin, panas. Udah ya, udah dikeluarin. Sudah gitu, lho,” jelasnya menjelaskan proses pengobatan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"