Inilah Olahraga Ampuh untuk Usir Insomnia, Apa Aja?

Inilah Olahraga Ampuh untuk Usir Insomnia, Apa Aja?

Susah tidur karena terkena insomnia? Coba lakukan olahraga ini yuk, ampuh! Dapat membantu kalian mengusir insomnia.

Kalian sering mengalami masalah dengan sulitnya tidur nyenyak di malam hari? Bisa jadi kalian terkena insomnia. 

Cara instan bagi kalian untuk mengatasi masalah ini mungkin dengan memakai obat tidur? ya Jangan sih, sebab cara tersebut tidak sehat. Ada kok cara sehat dan tak butuh merogoh kocek, yang tentunya dapat kalian lakukan, yakni dengan berolahraga.

Insomnia? (huffingtonpost.ca)

Melakukan olahraga atau latihan fisik dipercaya dapat membantu memperbaiki kualitas tidur. Tak hanya itu, olahraga juga dapat membantu menyehatkan jantung dan membuat badan kalian menjadi lebih prima lho gengs.

Memang sih, menghilangkan insomnia dengan cara olahraga ini tidak sekali jadi atau tidak bisa instan. Mungkin butuh beberapa waktu untuk melihat perubahannya. Tapi percaya deh, hasil yang didapat pun lebih maksimal kok gengs.

Tubuh akan membutuhkan istirahat sesaat sehabis olahraga. Nah, ketika beristirahat tubuh akan mengalami pendinginan. Pada proses inilah tubuh akan memproduksi melatonin. Melatonin sendiri adalah hormon yang berfungsi untuk mengatur siklus bangun dan tidur dengan baik.

Jadi, jika tubuh kalian memiliki kadar melatonin yang rendah, maka kalian sudah dipastikan lebih mudah menderita insomnia gengs.

Berikut jenis olahraga yang dapat membantu menghilangkan penyakit insomnia.

1. Yoga

1. Yoga (tokopedia.com)

Melakukan yoga ternyata memiliki khasiat yang ampuh lho, salah satunya membuat kualitas tidurmu semakin membaik. Jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan yoga sesaat setelah seharian beraktivitas penuh yak gengs.

Lakukan yoga dengan rutin dan disiplin, pasalnya rutinitas disiplin akan melatih tubuh kalian mengenal waktu tidur sesuai dengan jamnya.

Mungkin kalian bisa melakukan dengan gerakan seperti tarik napas dalam-dalam, lalu gerakan seperti sikap lili, sikap halasana (menyeruduk), sikao uttasnasana dan sukhasana (membungkuk ke depan).

Oh iya, jangan sampai lupa melakukan meditasi yak, supaya pikiran kalian mendapatkan ketenangan lebih. Cukup lakukan selama 15 menit aja untuk mendapatkan waktu istirahat yang nyaman dan tidur nyenyak.

2. Berenang

2. Berenang (klikdokter.com)

Tak hanya hormon melatonin, rupanya di dalam tubuh juga terdapat hormon endorphin. Hormon tersebut merupakan senyawa kimia untuk menjaga kekebalan tubuh dan mampu menimbulkan rasa senang, gembira pada tubuh.

Nah, saat melakukan kegiatan berenang inilah tubuh akan melepaskan hormon endorphin. Oleh sebab itu, manfaat berenang selain dapat menyembuhkan insomnia juga dapat menghilangkan stres dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

3. Bersepeda

3. Bersepeda (blog.cozmeed.com)

Nah yang terakhir yakni bersepeda, meski bisa dikatakan olahraga paling ringan, namun jangan salah sangka, ternyata olahraga bersepeda itu kaya akan manfaat lho.

Tak hanya sekadar mengeluarkan keringat, bersepeda juga mampu membakar kalori dengan optimal, menenangkan pikiran saat stres dan mengurangi terkena risiko kanker dan diabetes lho.

Jadi? Selain membantu memperbaiki kualitas tidur kalian, bersepeda juga dapat membuat tubuhmu terhindar dari beragam penyakit yang berbahaya gengs.

Mengingat olahraga yang dilakukan sangat mudah dan kaya akan manfaat. Lalu, bagaimana gengs? Apakah kalian berniat untuk mencobanya? Insomnia hilang, tubuh sehat berkembang. Selamat mencoba.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"