Tiga Dekade Lalu, "Sweet Child O' Mine" Tembus Billboard Top 40

Tiga Dekade Lalu, "Sweet Child O' Mine" Tembus Billboard Top 40

Tiga dekade lalu, lagu "Sweet Child O' Mine" tembus Billboard Top 40. Simak nih kisahnya.

Lagu bagus tuh emang bakal dikenang sepanjang masa. Salah satunya adalah karya milik band legendaris Amerika Serikat, Guns n' Roses, "Sweet Child O' Mine".

Grup band yang harum namanya pada dekade 1980 hingga 1990-an ini banyak menghasilkan karya lagu yang bagus. Bukan semata lagu galau atau lagu cinta doang gengs. Karya-karya mereka pun tetap abadi hingga kini.

Guns n Roses (time.com)

Seperti dikutip dari Kompas.com, 23 Juli 1988, lagu "Sweet Child O' Mine" berhasil mencetak sejarah. lagu itu bisa menembus Billboard Top 40 pada 31 tahun yang lalu. Gokil!

"Sweet Child O' Mine" menjadi lagu rock klasik yang paling dikenal pada masa itu. Lagu itu juga berhasil masuk dalam daftar lagu terbaik versi Rolling Stones dan beberapa media musik lainnya.

Karier Guns n' Roses berawal dari album full-length pertamanya bertajuk "Appetite for Destruction" yang rilis pada 1986. Sementara pada musim panas berikutnya, single mereka berjudul "Welcome to the Jungle" pun dirilis.

Gayanya Axl emang kece sih dari dulu (giphy.com)

Album tersebut mendapat penghargaan 15 platium, sementara single "Welcome to the Jungle" berada dalam daftar Top 100.

Grup band ini sendiri baru ngehits setelah single "Sweet Child O' Mine" dirilis. Lagu itu berada di urutan ke-37 dari daftar 100 Greatest Guitar Solo dari Guitar World. Termasuk daftar Rolling Stone's 40 Greatest Songs that Changed the World.

Lebih jauh, lagu legendaris itu juga masuk dalam 500 Greatest Songs Since You Were Born dari Blender dan masuk posisi ke-198 dalam Rolling Stone's The Greatest Songs of All Time.

Sampe pada tua, lagu itu tetep jadi yang terbaik deh (kompas.com)

Q Magazine mencatat "Sweet Child O' Mine" berada di posisi ke-6 dalam daftar 100 Greatest Guitar Tracks. Sementara jajak pendapat Majalah Total Guitar tahun 2004 lalu, refrain yang terkenal sebagai pengantar terpilih sebagai riff nomor satu sepanjang masa oleh para pembaca majalah.

Nggak cuma itu, single ini juga berada pada posisi ke-7 dalam daftar 100 greatest Songs of the '80s dan tempat ke-210 dalam daftar RIAA Songs of the Century.

Kemudian pada Juni 2019 lalu, lagu "Sweet Child O' Mine" masuk dalam daftar lagu terbesar ke-76 sepanjang masa serta lagu terbaik tahun 1987 oleh Acclaimed Music.

Di balik ketenaran dan fenomenalnya lagu ini, "Sweet Child O' Mine" ternyata butuh waktu yang panjang untuk bisa menapaki tangga popularitasnya. Butuh waktu hampir setahun dan perilisan single kedua untuk membuat nama Guns n' Roses tercatat dalam sejarah musik dunia.

Maka dari itu, kalian wajib dengerin banget lagu ini. Lagu ini legenda banget sih emang.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"