Tahu Nggak Sih? Kalau Ini Lagu Pertama di Dunia, Diciptakan Manusia 4.000 Tahun Lalu

Tahu Nggak Sih? Kalau Ini Lagu Pertama di Dunia, Diciptakan Manusia 4.000 Tahun Lalu

Lagu  adalah sebuah gubahan seni nada atau suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilan gubahan musik yang mempunyai kesatuan dan kesinambungan. Tapi tahukah apa sih lagu pertama di dunia yang diciptakan manusia?

Dilansir dari beberapa sumber, lagu pertama yang diciptakan manusia pertama berjudul Hymn to Creation yang merupakan Himne Suriah. Penjelasan tersebut tertuang dalam buku karya Trevor Homer yang berjudul The Book of Origin.

Homer menyebut lagu itu dibuat sekitar 4.000 tahun yang lalu yang ditulis dalam bahasa Cuneiform. Bahasa Cuneiform adalah bahasa tulis pertama dalam sejarah manusia yang digunakan bangsa Sumeria yang bermukim di kawasan Mesopotamia ribuan tahun yang lalu.

Lagu Pertama di Dunia (Prambors FM)

Jika bangsa Sumeria menulis lagu pertama, justru orang Yunani yang pertama kali mengembangkan sistem simbol atau notasi untuk mencatat musik dengan menggunakan 15 huruf pertama dalam deretan alphabet.

Seiring berjalannya waktu peradaban dunia semakin berkembang dan mulai terpengaruh untuk membuat karya lagu dan musik. Misalnya orang Yunani bermain musik dengan cara yang sederhana, mereka berkumpul dan membentuk ansambel.

Termasuk di abad 17 terjadi pertunjukan orchestra pertama dalam sejarah. Kala itu pada tahun 1615 yang mana saat itu penampilan orchestra pertama menampilkan pertunjukan musik karya Giovanni Gabrieli yakni Sacrae Symphoniae.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"