Sudah Tahu Belum? Kalau Presiden-presiden Indonesia Cinta Mati dengan Genre Musik Ini

Sudah Tahu Belum? Kalau Presiden-presiden  Indonesia Cinta Mati dengan Genre Musik Ini

Siapa yang bisa hidup tanpa mendengarkan musik? Ungkapan itu pasti sering kita dengar. Semua orang senang mendengarkan musik. Termasuk beberapa Presiden  di Indonesia yang identik dengan genre musik atau aliran musik tertentu.

Masing-masing Presiden mulai dari Soekarno, Soeharto, hingga Joko Widodo memiliki selera musik yang berbeda-beda. Berikut ini daftar Presiden Indonesia dengan aliran musik yang mereka gemari.

1.    Soekarno

Saat menjadi Presiden pertama di Indonesia, Soekarno merupakan sosok yang tegas. Ia pernah melarang orang Indonesia mendengarkan musik dari luar negeri, hingga memenjarakan Koes Plus atau Koes Bersaudara karena dianggap membawa budaya barat lewat musik.

Namun meski dianggap benci musik, ternyata Soekarno diam-diam mencintai musik daerah. Hal ini terungkap oleh Mangil Martowidjojo, komandan Datasemen Kawal Pribadi atau DKP yang bersaksi bahwa Soekarno menyukai musik Lenso asal Maluku dan Minahasa.

Presiden-presiden Indonesia Cinta Mati dengan Genre Musik Ini (Indozone)

2.    Soeharto

Soeharto memiliki kesamaan dengan Soekarno. Jika Soekarno senang mendengarkan musik daerah asal Timur Indonesia, Soeharto yang berdarah Jawa mencintai alunan musik dari Jawa Tengah atau gending Jawa dengan alunan gamelan. Soeharto sering mendengarkan musik itu bersama sang istri, Ibu Tien Soeharto.

3.    BJ.Habibie

Presiden ke-3 BJ Habibie mencintai musik. Memang musik yang ia gemari tidak spesifik. Ternyata semua musik didengar oleh Habibie. Namun ada satu genre musik yang tidak disukai Habibie yakni rap atau hip hop.

4.    Abdurrahman Wahid

Selera musik Abdurrahman Wahid alias Gus Dur sangat berkelas. Gus Dur menyukai alunan musik klasik.  Karya Beethoven dan Mozart adalah menjadi lagu-lagu yang diidolakan Gus Dur.  Bahkan jelang Gus Dur meninggal ia minta didengarkan lagu klasik.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"