Sebuah Canyon di Islandia Ditutup karena Video Musik Justin Bieber?

Sebuah Canyon di Islandia Ditutup karena Video Musik Justin Bieber?

Sebuah canyon di Islandia ditutup. Tudingannya tertuju karena video musik Justin Bieber. Kenapa nih?

Pernah lihat video musik Justin Bieber berjudul "I'll Show You"? Pemandangannya keren banget ya di video musik itu. Syutingnya sendiri dilakukan di Islandia, persisnya di Canyon bernama Fjadrargljufur (*susah ya bacanya).

Tapi belakangan tersiar kabar nih kalo ngarai yang namanya susah banget dibacanya itu malah ditutup. Dan bener dong, video musik Justin Bieber-lah yang dituding jadi penyebab kerusakan lingkungan di negerinya Bjork ini.

Padahal, ngarai Fjadrargljufur tadinya bukanlah tempat wisata yang terkenal. Tempat itu bukan tujuan wisata, dan suasana di sana jelas amat tenang.

Ngarai Fjadrargljufur yang terpaksa ditutup (nbcnews.com)

Ngarai itu tadinya merupakan tempat penduduk di sekitar dan sejumlah kecil wisatawan bisa mengagumi danau-danau dan bebatuan besar yang indah.

Namun sayang, beberapa pihak beranggapan segala sesuatu di sana jadi sibuk dan ramai. Persisnya setelah Justin Bieber merekam video musiknya itu sambil lompat-lompatan di sana pada 2015 lalu.

"Sejak itu, lokasi tersebut dibanjiri oleh pengunjung dan intensitas lalu lintas pejalan kaki telah mendatangkan malapetakan pada vegetasinya yang rapuh," jelas Sasha Brady dari Lonely Planet, seperti dikutip dari Kompas.com.

Emang indah banget pemandangannya, sepi lagi ... (pressfrom.info)

Pengunjung ke kawasan itu melonjak dengan cepat, bahkan hampir dua kali lipat antara tahun 2017 dan 2018. Akibatnya, kerusakan pada vegetasi lokal terjadi, dan diperburuk oleh perubahan kondisi cuaca.

Melihat kondisi yang demikian parah, Badan Lingkungan Hidup Islandia membuat keputusan untuk menutup ngarai tersebut.

Awalnya, penutupan kawasan ngarai tersebut hanya berlangsung selama dua minggu pada Maret 2019 lalu. Namun penutupannya diperpanjang hingga 1 Juni 2019 mendatang.

Mungkin emang banyak yang pengin niru gaya Bieber ini (massifmanagement.com)

Menteri Lingkungan Hidup Islandia, Gudmundur Ingi Gudbrandsson, mengatakan bahwa terlalu sederhana untuk menyalahkan seluruh situasi itu pada Justin Bieber. Namun, menurut Gudbrandsson, selebritas dunia harus lebih memikirkan apa yang terjadi pada tempat yang mereka promosikan.

"Perilaku gegabah oleh satu orang terkenal dapat secara dramatis berdampak pada seluruh area jika massa mengikuti," kata Gudbrandsson.

Tapi ini nggak langsung jadi salah Bieber sih, terus? (massifmanagement.com)

Semenjak rilis pada November 2015 lalu, video musik "I'll Show You" sendiri telah ditonton hampir 450 juta kali dan mendapat hampir 3 juta likes. 

Kalian udah tau kan video musiknya? Kalo ke sana, jangan kecewa ya kalo gak bisa lompat-lompatan kayak Bieber di video musiknya itu. Padahal indah banget ya alamnya.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"