Rilis Lagu Pendam, Afgan Gambarkan Hubungan Cinta Yang Gak Bisa Ditahan Lagi, Berikut Liriknya!

Rilis Lagu Pendam, Afgan Gambarkan Hubungan Cinta Yang Gak Bisa Ditahan Lagi, Berikut Liriknya!

Afgan resmi merilis lagu Pendam setelah sebelumnya meluncurkan single Lestari Merdu pada akhir Agustus lalu. Lagu ini merupakan bagian dari EP (Extended Play) bertajuk +62 yang di dalamnya berisi tiga lagu berbahasa Indonesia. 

Lagu Pendam ini sendiri merupakan lagu ballad yang mengisahkan tentang hubungan cinta yang sudah tidak bisa bertahan lagi. Akan tetapi, sosok yang mengalaminya lebih memilih untuk menyimpan kesedihan dan rasa sakitnya itu sendiri.

"Setelah sekuat tenaga mencoba mempertahankan, hubungan kamu dan dia pada akhirnya tidak berjalan sesuai harapan. Meski kamu masih mengharapkan dan mencintai dia," ungkap penyanyi bernama asli Afgan Syahreza itu dalam keterangan yang diterima Paragram.id.

"Tapi kalau keadaannya tidak bisa diubah lagi, lebih bijaksana untuk memendam saja perasaan yang ada. Karena, menyampaikan apa yang kamu rasakan padanya pun tak akan mengubah keadaan. Di sisi lain, 'Pendam' adalah gabungan dari pemikiran personalku dan curhatan salah satu sahabatku,” jelas Afgan.

Afgan Rilis Lagu Pendam (Istimewa)

Didasari keinginannya untuk kembali merilis lagu ballad berbahasa Indonesia, Afgan tidak mengalami kesulitan saat menulis 'Pendam'. Proses pengerjaan lagu ini dilakukan Afgan bersama grup produser S/EEK dan Simhala Avadana, A&R Trinity Optima Production. 

Sementara untuk instrumentasinya, 'Pendam' dibuat minimalis agar emosinya lebih dalam dan tidak over-produced dari segi musik. Dalam waktu sebulan, lagu 'Pendam' pun selesai diproduksi. Sedangkan soal video klip, penyanyi 33 tahun ini mengaku mengalami banyak hal baru.

Untuk pertama kalinya, Afgan harus mengekspresikan emosi di setiap bagian lagunya melalui gerakan. Setiap gerakan dalam video musik garapan Sakti Marendra dan di-support oleh Facebook Reels itu, memiliki koreografi tersendiri. Afgan pun harus menjalani proses latihan terlebih dahulu. 

Adapun latihan itu dimulai dari mediasi, olah tubuh sampai bergerak berdasarkan emosi. Selain itu, Afgan juga kembali beradu akting dengan Chelsea Islan dalam music video tersebut, setelah sebelumnya sempat main film bareng di Refrain yang rilis tahun 2013 silam.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"