Rayakan 9 Tahun Berkarir Bersama, Girlband Apink Rilis Singel Baru Berjudul 'Dumhdurum'

Rayakan 9 Tahun Berkarir Bersama, Girlband Apink Rilis Singel Baru Berjudul 'Dumhdurum'

Apa sih ukuran sebuah girlband asal Korea Selatan dianggap sukses? Karena popularitas mereka? Seberapa besar fanbase secara internasional? Atau berapa banyak views yang bisa didapatkan dari video klip musik mereka di YouTube?

Jika dengan ukuran di atas, apakah girlband Kpop semacam 2ne1, Sistar, atau Girls' Generation yang belum bubar tetapi banyak membernya sekarang aktif sebagai soloist, bisa disebut sebagai girlband yang sukses? 

Mengingat mereka sekarang sudah tak lagi berkarir sebagai paduan suara lagi. Padahal usia mereka tergolong relatif pendek. Biasanya tak sampai 10 tahun berkarir. Bahkan di Korsel ada semacam tahayul yang disebut sebagai kutukan 7 tahun.

Apink rilis singel penanda perjalanan 9 tahun girlband (kprofiles.com)

Di tengah upaya untuk bertahan ini lah muncul Apink dengan singel terbaru mereka. Singel yang mereka beri judul 'Duhdurum' ini merupakan salah satu tembang yang diangkut dari mini album terbaru mereka 'Look'.

Peluncuran singel ini juga menjadi penanda bahwa girlband Apink telah berkarir selama 9 tahun lamanya. Pencapaian yang sangat jarang dimiliki oleh kelompok lain bahkan sekelas girlband yang telah disebutkan sebelumnya.

Lagu tersebut memiliki nuansa yang riang dengan chorus yang catchy. Sesuai dengan tema lagu yang menceritakan bahwa seseorang bisa tetap baik-baik saja meskipun habis ditinggal kekasih. Visual video klip yang cerah penuh warna juga semakin menguatkan pesan lagu.

Singel ini sendiri ditulis dan diaransemen oleh Black Eyed Pilseung dan Jeon Goon yang sebelumnya membuat lagu I'm So Sick dan %%. Dari tangan mereka juga lagu hit TWICE, seperti FANCY dan LIKEY mencuat. Mungkin itu sebabnya singel baru dari Apink ini terasa sangat modern.

"Kami sangat puas dengan lagu terbaru ini. Para produser mengetahui warna suara kami dengan baik sehingga mereka selalu menulis lagu dengan selalu memikirkan Apink dan fan," kata Chorong, sang leader.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"