Nominasi Lagu Terbaik Golden Globe 2019, 'Shallow' Pemenangnya!

Nominasi Lagu Terbaik Golden Globe 2019, 'Shallow' Pemenangnya!

Ada apa dengan lagu 'Shallow' hingga bisa mengalahkan nominasi lagu terbaik lainnya? Begini fakta-fakta dibalik lagu ini!

Nominasi lagu terbaik dalam Golden Globe 2019 antara lain 'All the Stars', 'Requem For a Private War', 'Revelation', 'Shallow', dan 'Girl in the Movies'. duet Lady Gaga dan Bradley Cooper meminggirkan suara powerful Annie Lennox. Duet tersebut juga mengungguli alunan penyanyi legendaris Dolly Parton. 

Lady Gaga angkat bicara ditemani Anthony Rossomando, Andrew Wyatt, dan Mark Manson. Dikutip dari Pitchfork.com, begini ungkapan kalimat Gaga.

"I just have to say, as a woman in music, it is really hard to be taken seriously as a musician and as a songwriter, and these three incredible men: Andres Wyatt, Anthony Rossomando, Mark Manson standing with me, they lifted me up, they support me". 

"Saya hanya mau bilang, sebagai wanita di dunia musik, sangat sulit mendapatkan posisi sebagai musisi dan penulis lagu, dan tiga pria luar biasa ini: Andreas Wyatt, Anthony Rossomando, Mark Manson berdiri bersama saya, mereka penyemangat sekaligus pendukung buat saya". 

Pemenang Nominasi Lagu Terbaik Golden Globe 2019 (eonline.com)

Lagu 'Shallow' ditulis Lady Gaga bersama tiga pria lainnya yang disebutkan dalam standing speech di panggung Golden Globe 2019. Lagu ini draft pertamanya sudah dibuat dua tahun sebelum rekaman di studio Malibu. Saat Lukas Nelson terlibat dipenyusunan soundtrack film 'A Star is Born', lagu ini disetujui sebagai salah satu lagu soundtracknya. Intro dari lagu ini terinspirasi dari Erick Clapton. Dibuka dengan dentingan gitar akustik, agak kontras dengan suara powerfullnya Gaga. Akhirnya untuk mengatasi melodi dan output suara yang jumping, Nelson menambah beberapa instrumen lain seperti simbal dan dentuman drum lengkap. 

Dibalik alunan instrumennya yang mengalami berbagai penyesuaian. Liriknya juga terkesan penuh makna meskipun pilihan diksinya sederhana. Liriknya menggambarkan karakter penyanyinya -duet Ally dan Jackson dalam 'A Star is Born'. Siapa dan bagaimana mereka melihat identitas dirinya dalam dunia musik dengan dibalut relasi asmara. Apa keuntungan yang didapat dan rasa sakit yang bagaimana yang harus ditempuh seorang 'star'. 

Lagu yang bergenre country, folk pop sekaligus ballad menyatukan petikan gitar akustik Nelson, dentingan piano Bradley dan sajak Gaga. 

Verse pertama lagu ini Bradley menyanyikan dengan petikan gitar ala Erick Clapton. Gaga bergabung pada verse kedua dengan suara kokohnya. Secara bertahap, dikutip dari penjelasan Jon Blistein di Rolling Stone, lagu bergerak secara bertingkat. Harmonisasi yang impresif dari kedua artis ditemani pedal drum. Lagu ini bertempo mederat dengan 96 beat per menit, beat seperti lagu pada umumnya. 

Sebuah artikel di The Guardian menuliskan bahwa lagu 'Shallow' menggambarkan seorang protagonis yang menyuarakan bahwa hidup itu nggak selalu fair atau menyenangkan. Penulis lagu ini mengakui bahwa liriknya merupakan metafora tentang sakit hati, mimpi yang patah dan hasrat. For those all who grab these awards, congrats!

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"