Lady Gaga Buka Suara Soal "Shallow"-nya yang Dibilang Hasil Plagiarisme

Lady Gaga Buka Suara Soal "Shallow"-nya yang Dibilang Hasil Plagiarisme

Lady Gaga akhirnya buka suara soal "Shallow"-nya yang dibilang hasil plagiarisme. Wah, seru nih.

Lady Gaga akhirnya buka suara juga tuh soal lagunya yang dibilang hasil plagiarisme. Penyanyi ini jelas gak terima lah kalo lagunya, "Shallow", disebut begitu.

Padahal ya, lagu itu digarap bareng produser musik Mark Ronson. Masalah ini bermula dari tudingan bahwa lagu itu menggunkan bagian musik tanpa izin gengs. Tuduhan itu pun datang dari seorang penulis lagu bernama Steve Ronsen.

Lady Gaga kena kasus nih (cheatsheet.com)

Seperti dikutip dari CNN Indonesia, Ronsen mengaku akan mengancam Lady Gaga dan Mark Ronson karena menggunakan cuplikan musik karyanya. Secara spesifik, Ronsen mengatakan bahwa lagu itu menampilkan progresi tiga not yang sama dengan lagunya berjudul "Almost".

"Banyak yang mengatakan kepada saya bahwa 'Shallow' secara suara mirip dengan milik saya. Saya tidak mengeceknya, saya belum menonton film tersebut (saya dengan itu cukup bagus)," kata Ronsen.

Ronsen juga mengakui bahwa dia mengagumi Lady Gaga, dan dia berniat untuk membahas hal ini. Sementara, menurutnya pula, ada penulis lagu lainnya yang ikut menulis lagu 'Shallow', termasuk Mark Ronson.

Katanya lagu "Shallow" hasil plagiarisme ya? (hartford.com)

"Saya sudah mendapatkan seorang ahli musik yang juga setuju bahwa lagunya mirip," katanya.

"Saya hanya membahas hal ini bagaimana orang lain akan menyelidiki kemungkinan adanya pelanggaran [hak cipta]," lanjutnya.

Orin Snyder, kuasa hukum Lady Gaga, memberikan pernyataan dari Lady Gaga. Gaga membantah dengan keras tudingan bahwa lagu itu disebut mencomot tanpa izin.

Seorang musisi menuding mereka begitu, bener gak sih? (deadline.com)

"Tuan Ronsen dan pengacaranya sedang mencoba mendapatkan uang dengan mudah dari kesuksesan seorang musisi. Itu memalukan dan salah," kata Snyder.

"Saya memuji Lady Gaga karena memiliki keberanian dan integritas untuk membela seniman sukses yang mendapati diri mereka berada di tudingan klaim oportunistik seperti ini," lanjut Snyder.

Kalo Ronsen dan pengacaranya melanjutkan kasusnya, kata Snyder, maka Lady gaga akan berjuang dengan keras dan menang.

Dalam pernyataan itu, Snyder juga membantah klaim ahli musik Ronsen. Dia menyebut telah memberikan Ronsen dan pengacaranya surat panjang berisi temuan sejumlah ahli musik ternama. Masing-masing dari mereka pun tidak menemukan kesamaan antara kedua lagu tersebut.

Kita tunggu aja deh perkembangannya (cosmpolitan.com)

"Bahkan bila ahli musik Tuan Shirian (pengacara Ronsen) sendiri mengakui perkembangan tiga nada generik hadir di banyak lagu lain sebelum lagu kliennya," tegas Snyder.

Lagu "Shallow" yang dirilis Lady Gaga pada 2018 lalu merupakan original soundtrack untuk film "A Star is Born". Film itu dibintangi Lady Gaga dan aktor Bradley Cooper.

Dari lagu dan film itu, Lady Gaga berhasil memenangkan Oscar dalam kategori Lagu Tema Orisinal Terbaik. Belum lagi penghargaan lainnya macam Grammy Awards.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"