Mendengarkan Musik Sambil Belajar Boleh Aja Asalkan Perhatikan Ini

Mendengarkan Musik Sambil Belajar Boleh Aja Asalkan Perhatikan Ini

Ada kalanya kita belajar diiringi dengan alunan musik biar semangat, cara ini emang efektif buat ngedongkrak semangat belajar.

Tapi mendengarkan musik sambil belajar juga kudu memperhatikan beberapa poin ini biar senada dan belajar kamu ngena.

Mendengarkan musik sambil belajar kudu memperhatikan poin ini

Volume (Course Hero)

Volume

Musik yang sangat keras atau kuat memberikan beban kognitif yang lebih besar yang membuat konsentrasi lebih sulit aslinya. 

Musik yang terlalu lembut juga bisa menjengkelkan jika kita merasa sulit untuk mendengarkan. Musik dengan perubahan dinamis yang tiba-tiba (level volume) juga tidak cocok. Level volume adalah preferensi individu, tetapi harus cukup rendah dan konsisten. Contohnya instrumen itu bagus gengs.

Nada (Sphinx Organization)

Nada suara

Untuk topik ini, nada suara mengacu pada apakah musik berada dalam kunci mayor atau minor. Musik yang ditulis dengan kunci utama umumnya memiliki karakter yang bahagia, sementara minor, sedih. 

Orang tidak perlu terbiasa dengan jargon musik ini karena bahkan anak-anak yang sangat muda pun mahir dalam memilih nada musik. Misalnya, Twinkle Twinkle Little Star berada di kunci utama, sedangkan pawai pemakaman akan berada di kunci minor. 

Memilih musik yang ditulis dalam kunci utama dan pada tempo yang tepat adalah yang terbaik untuk tujuan belajar, walaupun banyak orang menemukan bahwa musik kunci minor yang sedikit lebih cepat juga berfungsi. Ini karena hubungan antara karakteristik musik terutama antara tempo dan nada suara, menciptakan ambang gairah yang berbeda. Musti hati-hati dalam memilih nadanya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"