Keren! Yacko Dan Tuan Tigabelas Sukses Jajal 4 Panggung Amerika Serikat Sampai Prancis, Gini Cerita Menariknya

Keren! Yacko Dan Tuan Tigabelas Sukses Jajal 4 Panggung Amerika Serikat Sampai Prancis, Gini Cerita Menariknya

Yacko dan Tuan Tigabelas bersama DJ Domdom akhirnya kembali ke Tanah Air setelah sekitar dua minggu berpetualang di IM3 Collabonation To The World melewati festival SXSW di Austin, Texas, Amerika Serikat hingga Babel Music XP di Marseille, Perancis.

Dalam keterangan resminya, perjalanan mereka dimulai dari Tiger Den, titik pertama yang dijajal tepat sebelum panggung utama di SXSW. Bertempat di Cheer Up Charlie’s, showcase tersebut mengedepankan para penampil yang keseluruhannya berasal dari Asia. 

Di titik tersebut, ketiga musisi sempat melakukan agenda promosi dengan cara yang sudah jarang dilakukan di Tanah Air yakni dengan membagi-bagikan flyer pada pengunjung tepat sebelum mereka pentas dan naik ke atas panggung. 

Berkat kegiatan itu, mereka bisa berkenalan dengan sesama rapper dari Ukraina hingga Korea serta pelaku industri kreatif lintas negara lainnya seperti booking agent dan media. Menariknya lagi, orang-orang yang mereka undang pun turut hadir untuk menyaksikan.

Yacko dan Tuan Tigabelas Saat Tampil Di SXSW 2023 (Istimewa)

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke titik kedua di Higher Ground yakni panggung di mana Yacko dan Tuan Tigabelas bersama DJ Domdom dihampiri oleh rombongan Ibu-ibu komunitas Indonesia dari Rumah Budaya Indonesia di Austin yang memberikan dukungannya. 

Disampaikan oleh Yacko, bahwa mereka bahkan turut memenuhi baris depan dari panggung. Buat Tuan Tigabelas, perjalanan di SXSW memberikan beberapa pelajaran penting, mulai dari teknis sampai membawa diri sebagai musisi dari Indonesia tanpa harus berpura-pura jadi orang lain.

"Gue lumayan deg-degan karena musik yang gue dan Yacko bawa adalah hiphop kan ya, yang mana ini ibaratnya gue umroh nih ke tanah kelahirannya. Jadi di situ ada beban mental, gue bawain satu culture yang sebenarnya itu culture mereka, gue bawain dengan apa yang gue punya, itu lumayan deg-degan sih. Tapi ternyata responnya luar biasa positif," ujar Tuan Tigabelas.

Sebelum pindah ke Perancis, Yacko dan Tuan Tigabelas bersama DJ Domdom berkesempatan mampir ke Amsterdam, Belanda. Di kota tersebut, ketiganya berkesempatan untuk menjajal sebuah panggung intimate di Platypus Record Shop. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"