Kenalan dengan Amrus Ramadhan, Musisi Serba Bisa yang Dikenal Sebagai Steel Gitar di Indonesia

Kenalan dengan Amrus Ramadhan, Musisi Serba Bisa yang Dikenal Sebagai Steel Gitar di Indonesia

Amrus Ramadhan  adalah seorang penyanyi dan pemain gitar. Cara Amrus memainkan gitar berbeda. Sebab ia memainkan dengan cara yang disebut steel gitar . Amrus mengenal steel gitar dari mendiang kakeknya, Abdul Manaf saat ia masuk kecil. Darah seni mengalir deras dalam diri Amrus.

“Dulu kakek saya punya band musik hawai keroncong, tiba-tiba saya sering mendengarkan di rumah, akhirnya saya tertarik belajar gitar,” kata Amrus saat berkunjung ke kantor Paragram. Amrus pun semakin tertantang untuk bisa bermain steel gitar dari sang kakek. Chemistry yang didapatkan Amrus sangat besar dan berbeda dibandingkan saat main gitar yang lain.

Sebelum kakek Amrus meninggal dunia, ia sempat menitipkan pesan yang selalu diingatnya. Amrus diminta untuk tetap bermain steel gitar. “Kakek saya pernah bilang kalau suatu hari Indonesia tidak akan ada orang yang main steel gitar, makanya saya tertantang untuk bisa main steel gitar,” ujar Amrus.

Kenalan dengan Amrus Ramadhan, Salah Satu Pemain Steel Gitar di Indonesia (Instagram @amrusramadhan)

Perjuangan pria kelahiran Palembang, Sumatera Selatan semakin serius saat ingin jadi musisi dan hijrah ke Jakarta. Ia sempat memiliki banyak grup musik sebagai pemain gitar, termasuk bermain steel gitar. Total ada 11 band yang pernah diperkuat oleh Amrus. Salah satu band bahkan ada yang menjadi pengisi soundtrack film di Indonesia.

Ia pun memutuskan menjadi solois. Sambil bernyanyi dan bermain steel gitar. Amrus mengenang pesan kakeknya bahwa warisan steel gitar memang harus dilestarikan. Amrus pernah tampil di beberapa festival musik di dalam dan luar negeri membawakan steel gitar.

Saat ini bisa dibilang Amrus satu-satunya musisi di Indonesia yang bermain steel gitar. Tentu ini sebuah kebanggaan bagi Amrus. Image dan citra yang ia bentuk sudah didapatkan. Steel gitar adalah teknik bermain gitar yang berasal dari Hawai. Saat memainkan steel gitar, Amrus dibantu sebuah alat yang disebut slide gitar khusus yang dimainkan di jari tangan kiri. Biasanya Amrus bermain sambil duduk atau berdiri. Posisi gitar juga ditidurkan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"