Hari Musik Nasional, Fakta WR. Supratman Ternyata Gak Pernah Menikah

Hari Musik Nasional, Fakta WR. Supratman Ternyata Gak Pernah Menikah

Hari Musik Nasional ditetapkan tanggal 9 Maret setiap tahunnya. Adanya Hari Musik Nasional ini dimaksudkan untuk mengapresiasi musisi tanah air. Menghargai para musisi Indonesia yang terus berkarya mewarnai jagat musik Indonesia.

Hari Musik Nasional

Hari Musik Nasional dimulai sejak 9 Maret 2013. Disahkan sama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Setelah diwacanakan sejak periode Presiden Megawati Soekarno Putri. Udah digagas sejak 2003 gengs.

Cukup lama ya prosesnya ...

Hari Musik Nasional (mundialbeisbol2010.org)

Penetapan 9 Maret sebagai Hari Musik Nasional bertepatan dengan hari lahir WR. Supratman, pencipta lagu Indonesia Raya. Selain itu WR Supratman juga dianugerahi gelar Pahlawan Nasional.

Menurut buku-buku sejarah, WR. Supratman tercatat lahir di Meester Cornelis (Jatinegara) Jakarta, 9 Maret 1903. Hal ini berdasarkan pengakuancRoekijem, kakak WR. Supratman.

Tapi hari lahir ini kemudian dikoreksi oleh Pengadilan Negeri Purworejo pada 29 Maret 2007. Wage lahir pada 19 Maret 1903. Hal ini jadi perdebatan kapan hari musik seharusnya.

Tapi ya sampai sekarang masih tetap diperingati 9 Maret gengs. Nah, selain hari lahir, ini beberapa fakta mengenai WR. Supratman.

WR. Supratman (ndonesiakamib4gu5.blogspot.com)

1. Tidak menikah

WR. Supratman tutup usia pada umur 35 tahun. Dia tidak memiliki keturunan dan tidak pernah menikah sepanjang hidupnya. Hari Musik Nasional menghidupkan lagi semangat beliau.

2. Ibu Kita Kartini

Selain Indonesia Raya, lagu legendaris lainnya dari WR. Supratman adalah Ibu Kita Kartini. Juga selalu diperingati setiap tahun secara nasional.

3. Meninggal sebelum merdeka

Karena meninggal sebelum Indonesia merdeka, pada 17 Agustus 1938, WR. Supratman gak pernah tahu kalau lagu ciptaannya bakal jadi lagu nasional.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"