Gloomy Sunday: Lagu yang Didengerin Banyak Orang Sebelum Bunuh Diri, Ini Fakta-faktanya

Gloomy Sunday: Lagu yang Didengerin Banyak Orang Sebelum Bunuh Diri, Ini Fakta-faktanya

Siapa yang pernah dengerin lagu berjudul 'Gloomy Sunday'? Lagu ini dianggap punya kaitan sama orang-orang yang bunuh diri pada zamannya. Bahkan, mereka yang bunuh diri konon mencapai ratusan orang. Sebenarnya Gloomy Sunday lagu apaan sih?

Gloomy Sunday adalah lagu asal Hungaria yang dikomposeri oleh Rezső Seress dan dipublikasikan di tahun 1933. Awalnya, musik Gloomy Sunday bermakna tentang keputusasaan karena perang.

Rezső Seres (tirto.id)

Sementara itu, László Jávor kemudian menulis lirik untuk lagu ini. Liriknya sendiri berisi tentang seorang yang mau bunuh diri karena kematian kekasihnya. 

Akhirnya, Gloomy Sunday pun populer dan pertama dinyanyikan sama Pal Kalmar di tahun 1935 dengan bahasa Hungaria. Lalu, di tahun 1936 dinyanyikan oleh Hal Kemp dengan Bahasa Inggris. Makin populer dah lagunya pada waktu itu. 

Banyak Kasus Bunuh diri Dikaitkan dengan Gloomy Sunday

Tapi uniknya, selama tahun-tahun, ada banyak kasus bunuh diri yang dihubungkan dengan lagu ini. Konon sih mencapai ratusan. Tapi, kalo menurut laporan pada 1930-an, seenggaknya ada 19 kasus bunuh duri di Hungaria dan Amerika yang terkait lagunya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"