Gitar Fender Diciptakan oleh Orang yang Sama Sekali Gak Bisa Memainkan Gitar Seumur Hidupnya!

Gitar Fender Diciptakan oleh Orang yang Sama Sekali Gak Bisa Memainkan Gitar Seumur Hidupnya!

Kamu dan sekian banyak musisi dunia pasti kenal sama gitar bermerek Fender. Yap, gitar Fender emang populer banget di dunia musik. 

Gitar Fender bahkan telah banyak digunakan musisi-musisi kelas atas dunia. Tapi, tau gak sih ... gitar Fender ternyata diciptakan oleh orang yang sama sekali gak bisa memainkan gitar? Bahkan di sepanjang hidupnya.

Dikutip dari The Vintage News, gitar Fender diciptakan oleh seorang lelaki bernama Clarence Leonidas Fender. Lelaki itu lebih akrab disapa Leo Fender lahir pada 10 Agustus 1909 di Anaheim, California, Amerika Serikat (AS).

Leo Fender, pencipta gitar Fender yang terkenal di dunia (steemitimages.com)

Sebagai pencipta gitar Fender yang terkenal, lelaki ini ternyata gak bisa main gitar sama sekali. Dia juga gak pernah tuh sekadar berlatih untuk memainkannya.

Dialah orang yang mendirikan Fender Electric Instrument Manufacturing Company.

Tentang kenapa Leo gak bisa main gitar tapi membangun perusahaan gitar elektrik yang mendunia, ada kisahnya sendiri gengs. Semua ini karena ketertarikan Leo Fender pada segala sesuatu yang berkaitan dengan elektronik sejak umur 13 tahun.

Suatu hari, Leo pernah mendapat hadiah dari pamannya berupa radio mobil dengan baterai. Leo akhirnya berkesempatan mengunjungi toko elektronik otomotif milik pamannya di  Santa Maria, California, setahun setelah mendapat hadiah itu.

Leo Fender emang udah tertarik sama elektronika sejak kecil (flickr.com)

Di toko pamannya, Leo sanga tertarik dengan radio yang dirakit pamannya. Soalnya, radio itu dirakit dari berbagai spare part yang dipamerkan di tokonya.

Hal yang membuat Leo tertarik adalah suara nyaring yang muncul dari speaker radio tersebut. Dari ketertarikan inilah Leo mulai belajar mereparasi radio. Semua dilakukan di sebuah toko kecil di rumah orang tuanya.

Singkat cerita, Leo Fender pun lulus dari Fullerton Union High School tahun 1928. Dia kemudian belajar akuntansi di sekolah tinggi Fullerton Junior Collage.

Selama menjadi pelajar akuntansi itu, Leo meluangkan waktunya untuk belajar serba-serbi radio juga. Dia juga mempelajari perangkat-perangkat elektronik tanpa mengikuti kursus. Otodidak pokoknya.

Kemudian setelah lulus kuliah, Leo Fender bekerja sebagai kurir sebuah perusahaan es di Anaheim. Dia bekerja sebentar di perusahaan itu, soalnya AS sempat dilanda depresi ekonomi hebat kala itu.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"