Coba Nyanyi Deh Tanpa Ragu, Ini Cara Ampuh Hilangkan Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

Coba Nyanyi Deh Tanpa Ragu, Ini Cara Ampuh Hilangkan Stres dan Meningkatkan Suasana Hati

Sebenarnya kamu tau kok kalo kamu bukan penyanyi. Tapi, gak peduli kamu punya suara jelek atau suara merdu, coba nyanyi deh. Soalnya, inilah cara ampuh hilangkan stres. Kok bisa?

Ya jelas bisa dong. Jangan kamu pikir kalo nyanyi tuh gak ada manfaatnya. Soalnya, menyanyi tuh penting banget untuk membantu meningkatkan suasana hati gengs. 

Gak perlu malu gengs untuk nyanyi sendiri. Lagian semua orang juga udah tau kalo kamu adalah penyanyi kamar mandi sejauh karantina pandemi virus corona masih berlaku.

Nyanyi ternyata punya banyak manfaat buat tubuh kita gengs (unsplash.com)

Toh menurut BBC, sebagian besar otak kita akan 'menyala' ketika kita bernyanyi. Ini kata Sarah Wilson, seorang neuropsikolog klinis dari University of Melbourne.

Dalam sebuah penelitian yang dipimpin oleh Sarah Wilson, dia melihat bagaimana otak seseorang bereaksi ketika sedang bernyanyi. Dalam percobaannya, Sarah menggunakan pemindai MRI kepada partisipan dengan berbagai kemampuan vokal saat bernyanyi.

"Ada jaringan bernyanyi di otak [yang] didistribusikan secara luas," kata Wilson.

Saat kita berbicara, belahan otak yang berhadapan dengan bahasa menyala. Tetapi ketika kita menyayi, kedua sisi otak bakal lebih hidup gengs!

Gak usah ragu meski kamu ngerasa punya suara jelek (unsplash.com)

"Kamu juga melihat keterlibatan jaringan emosi otak. Wilayah yang mengontrol gerakan yang kita butuhkan untuk menghasilkan suara dan artikulasi juga menyala," kata Sarah Wilson.

Menyanyi membuat kontrol yang kuat dari pita suara, gerakan mulut, dan tubuh. Semua itu masuk dan mengisi paru-paru kita. Maka dari itu, menyanyi bisa meningkatkan suasana hati kita.

Di balik itu, menyanyi adalah salah satu bentuk latihan aerobik yang akan melepaskan zat endorfin. Zat itu berkaitan dengan sensasi 'enak' di otak kita.

"Endorfin terkait dengan perasaan kebahagiaan yang terangkat secara keseluruhan, itu memberi perasaan euforia sehingga semuanya terkait dengan berkurangnya stres," kata Baishali Mukherjee dari Federasi Terapi Musik Dunia regional Asia Tenggara.

Suasana hati bakal lebih baik ketika kita menyanyi (unsplash.com)

Baishali mengatakan bahwa musik memiliki potensi untuk memengaruhi tubuh dan pikiran kita. Menyanyi bisa jadi aktivitas terbaik dalam situasi apa pun, entah dalam tekanan atau penyakit fisik.

Kalo suasana hati kita naik, semuanya pun akan berjalan dengan baik. Sistem kekebalan tubuh meningkat. Kita juga akan merespons faktor stres dengan cara yang lebih positif. Bahkan bisa meningkatkan pola tidur kita juga loh~

Jika kamu pernah mengalami serangan panik, kamu tentu akrab dengan rasa takut. Akibatnya kamu jadi sulit mengatur napas.

Kalo pernapasan pendek, kadar karbon dioksida bisa menurun dalam aliran darah. Hal ini akan mengusir banyak gas dari sel-sel yang kita buat. Dampaknya adalah ketidakseimbangan karbon dioksida yang dapat menyebabkan pusing, cemas, dan gejala lainnya.

Bakal bikin ceria deh gengs, apalagi kalo ketemu yang cocok (gifer.com)

Sementara ketika menyanyi, pernapasan dalam atau diafragma kita akan terbuka. Hal itu memungkinkan pertukaran oksigen dalam paru-paru. Hal ini juga akan mengaktifkan sistem sarah parasimpatis tubuh yang akan memperlambat denyut jantung.

Makanya, hal sesimpel menyanyi aja bisa menurunkan tekanan darah. Karena pembuluh darah kita juga akan terbuka lebar.

Dalam penelitian terbaru, para peneliti menemukan bahwa bernyanyi membuat kita fokus pada pengendalian laju pernapasan. Hal ini ternyata bisa mengaktifkan bagian-bagian otak yang terkait dengan emosi, perhatian, dan kesadaran tubuh.

Jadi, gak usah ragu lagi. Gak peduli seberapa bagus suara kamu ... menyanyilah! Ini cara ampuh untuk hilangkan stres dan meningkatkan suasana hati kita.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"