Cara Belajar Musik Dengan Baik: Baca Dan Kamu Akan Jadi Pemusik Pro Part 2

Cara Belajar Musik Dengan Baik: Baca Dan Kamu Akan Jadi Pemusik Pro Part 2

Lanjut lagi, karena cara belajar musik dengan baik di part 1 belum selesai.

Perjalanan musik itu gak pendek gaes, jadi kalian perlu banyak memahami, setidaknya mulailah baca ini dulu.

Cara belajar musik dengan baik part 2

Cara belajar musik dengan baik part 2 Piano (Cargo.wix)

Kemampuan teknis:

Para guru musik dan pelatih olahraga sama-sama menyuruh siswa mereka untuk bersantai. Ini adalah aturan dasar nomor satu untuk pengembangan teknis di setiap usaha yang membutuhkan kontrol otot halus. 

Seringkali guru hanya berteriak "santai" pada siswa mereka sementara siswa semakin tegang. Jelas, kamu tidak dapat sepenuhnya merilekskan tubuh kamu atau kamu akan dengan cepat berbaring di tanah, lemas dan lesu. Relaksasi adalah seni merelaksasikan semua otot di tubuh kamu yang tidak diperlukan untuk melakukan cara belajar musik dengan baik.

Selain itu otot-otot yang diperlukan harus berkontraksi hanya sejauh yang diperlukan dan tidak lebih. Ungkapan "ekonomi gerak" datang ke pikiran. Relaksasi sangat sulit untuk dikuasai dan itu adalah sesuatu yang terus gue kerjakan setiap kali gue berlatih. 

Relaksasi adalah koordinasi otot. Misalnya / Apakah bahu kamu bungkuk? Apakah bagian tengah atau tungkai atas kamu tegang? Saat bermain kamu harus mengamati keadaan seluruh tubuh kamu. Ketika kamu memutuskan untuk memainkan not atau memukul kulit drum, kamu tidak memiliki kendali sadar atas otot-otot mana yang akan berkontraksi untuk melakukan gerakan. 

Meskipun kamu mungkin tidak memiliki kontrol sadar penuh, saat berlatih kamu sedang mengondisikan otot-otot kamu untuk menggerakkan seperti yang kamu inginkan agar mereka bergerak melalui pengulangan. Fokuslah pada bagaimana rasanya memainkan bagian tertentu. 

Percobaan dengan gerakan yang berbeda dan jaga agar gerakan tetap kecil tetapi tidak kaku. Berlatih dengan tenang dan perlahan sangat membantu relaksasi. Cobalah untuk merasakan beban gravitasi dengan memegang tangan kamu pada tuts piano atau kaki kamu di atas pedal drum. 

Seringkali ketika benar-benar rileks kamu akan memiliki sensasi bermain dari lengan atas atau kaki atas kamu meskipun ekstremitas kamu adalah tempat semua tindakan. Cobalah untuk mempelajari bagaimana rasanya bermain santai.

Salah satu perbedaan terbesar antara praktik amatir dan profesional adalah bahwa profesional fokus pada bagian-bagian sulit dari sebuah lagu dan memecahnya menjadi fragmen-fragmen kecil sedangkan amatir membuang-buang waktu mencoba memainkan karya dari awal hingga selesai. 

Bagian kecil adalah cara yang bagus untuk melakukan banyak pengulangan di tempat yang penting. Selain itu, kamu sering dapat menyederhanakan bagian yang sulit. Misalnya / bermain tangan secara terpisah di piano sangat penting terutama ketika belajar lagu. 

Atau untuk drumer, cobalah menjatuhkan tangan kanan sebentar, atau tangan kiri, atau kaki kiri dll. Saat berlatih bagian kecil jangan takut untuk bermain cepat. Latihan lambat sangat bagus untuk relaksasi dan perhatian terhadap detail, tetapi bermain lambat kemungkinan besar akan menggunakan otot yang berbeda dalam kombinasi yang berbeda untuk bermain cepat. 

Idealnya, bagian kecil yang disederhanakan dari sebuah karya harus dapat dimainkan lebih cepat dari tempo akhir yang kamu tuju. (4) Selain itu, variasikan titik awal dan akhir dari segmen-segmen kecil ini. Musisi yang cerdas tahu bahwa sering kali nada-nada di sekitar tempat yang menyusahkanlah yang menyebabkan masalah. 

Misalnya / Apakah kamu memiliki lompatan dua oktaf sebelum kamu harus memainkan trill panjang itu? Kemudian latihlah lompat dan getar. Apakah kamu harus memutar dari satu sisi drum ke yang lain sebelum menjalankan pola koordinasi 4 arah?

Bermusik (Roland)

Kinerja:

Jika kamu memainkan instrumen, cepat atau lambat kemungkinan kamu akan bermain di depan umum. Dan tampil di depan umum adalah ujian nyata kemampuan kamu sebagai musisi. Pertunjukan menimbulkan banyak tantangan seperti ruangan yang tidak dikenal atau bahkan instrumen yang tidak dikenal, sering kali tidak ada kesempatan untuk pemanasan dan tentu saja saraf. 

Performanya bisa sangat menegangkan tetapi juga bisa sangat bermanfaat dan menyenangkan. Semakin baik kamu mengetahui repertoar kamu, semakin tinggi kesempatan kamu dan penonton menikmati pertunjukan. Agar berkinerja baik, hafalan selalu diinginkan. Untuk membantu menghafal, coba perhatikan pola dan logika dalam musik. Cari tahu struktur lagunya. 

Mengidentifikasi akor dan elemen harmonik dapat membantu. Hafalkan bagian-bagian kecil sekaligus melalui pengulangan dan cobalah untuk mengingat catatan secara visual dalam pikiran kamu.

Untuk menjadi siap kinerja, ada banyak pekerjaan mental yang kamu bisa menjauh dari instrumen kamu. Jalankan melalui bagian dalam pikiran kamu dan cobalah untuk membayangkan setiap nada. Jadi gitulah cara belajar musik dengan baik gengs.

Ini sebenarnya sangat sulit untuk dilakukan, tetapi menegaskan bahwa kamu benar-benar tahu sepotong. Pianis terkenal Glenn Gould akan menyanyikan lagu-lagu dalam pikirannya, menyanyi dan memainkan musik dengan piano imajiner. 

Sebelum penemuan radio dan gramofon, analisis skor jauh lebih luas di kalangan musisi. Adalah jauh lebih umum untuk menganalisis skor dan menyanyikan bagian-bagian musik yang membantu pembelajaran suatu karya bahkan sebelum memainkan not.

Hal ini tentu bermanfaat untuk merekam diri kamu sendiri lebih disukai di video sebagai bagian dari latihan kamu. Proses perekaman adalah ujian yang bagus karena tekanan menyala saat kamu menekan tombol rekam. 

Dan menonton atau mendengarkan diri sendiri bermain dapat membantu kamu mengambil bagian yang ingin kamu ubah atau kesalahan yang kamu buat.

Sebelum melakukan, fokuslah pada tugas yang ada dan ambil napas dalam-dalam. Jalankan melalui lagu pertama yang akan kamu mainkan dalam pikiran kamu. Sadarilah bahwa kemungkinan besar kamu sedikit khawatir dan gugup. 

Jantung kamu mungkin berdetak sedikit lebih cepat dari biasanya dan kelenjar adrenalin kamu bahkan mungkin menyala. Luangkan waktu kamu dan lakukan upaya sadar untuk bersantai. Setelah kamu mulai, ingatlah untuk tetap fokus pada tugas yang ada dan serap diri kamu dengan musik. Jangan mengalihkan kesadaran kamu ke apa yang terjadi di sekitar kamu dan jangan merenungkan bagaimana kamu bermain. 

Jika kamu mendapati diri kamu melayang, fokuskan kembali pada musik dan permainan kamu. Ada banyak hal yang perlu dikhawatirkan oleh pikiran kamu yang terkandung dalam tugas mengeksekusi musik kamu dengan baik sehingga hanya berkonsentrasi untuk membuat musik terbaik yang kamu bisa dan kamu akan baik-baik saja.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"