Binaural Beats, Menghasilkan Suara Imajiner untuk Mengatasi Insomnia

Binaural Beats, Menghasilkan Suara Imajiner untuk Mengatasi Insomnia

Udah pernah denger ang namanya binaural beats gengs? Katanya binaural beats bisa membuat tenang dan lebih mudah tidur. Ada juga yang bisa bikin meningkatkan kreativitas otak.

Binaural beats adalah teknik menggabungkan dua frekuensi suara yang sedikit berbeda untuk menciptakan persepsi nada frekuensi baru.

Teorinya nih, ketika dihadapkan pada dua frekuensi berbeda pada saat bersamaan, satu di setiap telinga, otak benar-benar merasakan satu nada yang merupakan perbedaan antara dua frekuensi terpisah. 

Gini, binaural beats ini didengerin lewat headset. Telinga bagian kanan dan kiri akan mendengarkan frekuensi suara yang beda. Karena suara yang beda ini otak jadi bingung gengs. Jadinya otak bikin suara imajinasi sendiri untuk mengartikan suara yang didengerin otak.

Binaural beats (scmp.com)

Intinya frekuensi suara yang beda itu menghasilkan manfaat buat otak deh. Meski sebenarnya imejiner. Bahkan gak bisa didengar telinga secara alami.

Contohnya nih, jika telinga kiri menerima nada 300-hertz dan telinga kanan menerima nada 280-hertz. Otak akan memproses dan menyerap nada 10-hertz. Gelombang suara frekuensi sangat rendah yang sebenarnya tidak bisa didengar.

Mengapa paparan gelombang suara ini membantu tidur dan relaksasi? Ilmu pengetahuan menunjukkan bahwa paparan binaural beats dapat membuat perubahan di otak.

Mendengarkan suara-suara yang menghasilkan nada frekuensi rendah, menurut penelitian, memicu aktivitas gelombang otak yang lambat. Bisa bikin kamu rileks, menurunkan kecemasan, lebih mudah tertidur dan tidur lebih nyenyak.

Dengarkan dengan headset (healthline.com)

Terapi yang memperlambat aktivitas gelombang otak, membantu menghasilkan gelombang frekuensi rendah. Kemungkinan akan membantu relaksasi dan tidur. Tetapi bukan hanya menurunkan frekuensi gelombang otak yang dapat ditawarkan oleh binaural beat.

Sebuah studi kecil (19 orang) telah menemukan bahwa paparan binaural beats dikaitkan dengan perubahan pada tiga hormon penting untuk tidur:

DHEA

DHEA berfungsi sebagai sejenis hormon utama, membantu memproduksi hormon lain dalam tubuh sesuai kebutuhan. DHEA sangat penting untuk fungsi kekebalan dan perlindungan penyakit. Terutama penting untuk tidur. Bekerja untuk menekan kortisol, suatu hormon yang merangsang kewaspadaan dan memicu stres pada tingkat yang tinggi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"