Apa Itu Alat Musik Ansambel? Gini Penjelasannya Lengkap Dari Pengertian, Jenis Hingga Contoh Instrumen

Apa Itu Alat Musik Ansambel? Gini Penjelasannya Lengkap Dari Pengertian, Jenis Hingga Contoh Instrumen

Alat musik ansambel mungkin sudah tidak asing buat kamu. Ansambel merupakan istilah untuk sajian musik yang terdiri dari gabungan berbagai alat musik. Maka dari itu, alat musik ansambel dimainkan secara bersamaan oleh suatu rombongan musik. 

Keberagaman musik ansambel di seluruh dunia sangat luas dan tak bisa terlukiskan. Namun, prinsip-prinsipnya berlaku di hampir setiap tempat. Misalnya, musik di luar ruangan sering bersifat seremonial dan banyak melibatkan penggunaan alat musik tiup dan drum.

Sementara musik dalam ruangan biasanya ditujukkan untuk pendengar pasif, biasanya menekankan instrumen tenang seperti seruling dan senar yang ditiup dan dipetik. Buat kamu yang penasaran, berikut penjelasan soal alat musik ansambel lengkap dengan ciri-ciri, jenis hingga contoh.

Pengertian Musik Ansambel

Pengertian Musik Ansambel Pengertian Musik Ansambel (Grid.ID)

Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), definisi ansambel atau ensambel adalah kelompok pemain musik yang bermain bersama. Ansambel ini juga dikatakan berasal bahasa Perancis yaitu ensemble yang memiliki arti rombongan musik atau kelompok musik.

Maka dari itu, ansambel bisa diartikan sebagai bermain musik secara rombongan atau bersama-sama dengan memadukan beberapa alat musik sekaligus. Jumlah pemain musik ansambel dapat terdiri atas dua, tiga, atau lebih, tetapi tak sebanyak pemain orkestra. 

Selain itu, berbeda dari orkestra yang ada pemimpin atau konduktor yang memberikan instruksi. Dalam ansambel tidak ada yang memimpin. Karenanya, para pemain musik harus bertanggung jawab pada jalur suara yang mereka mainkan masing-masing.

Akan tetapi, mereka pun tidak boleh mengabaikan kepekaan terhadap keseluruhan musik yang dimainkan. Hal ini bertujuan agar mereka bisa menghasilkan musik yang harmonis dan indah didengar para penikmat musiknya.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"