IU Dituduh Plagiat, 2 Komposer Lagunya Turun Tangan Beri Pembelaan Dengan Penjelasan Ini

IU Dituduh Plagiat, 2 Komposer Lagunya Turun Tangan Beri Pembelaan Dengan Penjelasan Ini

IU tengah menghadapi isu plagiarisme. Hal ini setelah seseorang membuat laporan polisi yang menyatakan bahwa 6 lagu milik IU merupakan hasil jiplakan mulai dari melodi, ritme, sampai perkembangan kode. Terkait hal ini, agensi IU, EDAM Entertainment sudah memberikan bantahan tegas.

Mereka juga mengaku tengah menunggu perkembangan penyelidikan. Namun pihaknya belum menerima kontak resmi dari badan investigasi terkait masalah ini. Agensi IU menyatakan tahu permasalahan plagiarisme ini bukan dari pihak kepolisian melainkan dari pemberitaan di media.

Tidak hanya agensi, kini dua komposer ternama Korea Selatan yang membantu IU menciptakan lagunya juga ikut memberikan pembelaan. Seperti komposer Lee Jong Hoon yang mengerjakan lagu BBIBBI, dia menyatakan seharusnya oknum tersebut melaporkan dirinya bukan menyerang IU.

"Halo, ini komposer Lee Jong Hoon. Aku membaca artikel tuduhan plagiarisme tentang laguku 'BBIBBI'. Pertama-tama, aku tidak bisa tak menyesal sudah memilih target yang salah untuk tuduhan plagiarisme. Hak cipta (kekayaan intelektual) adalah domain pencipta, bukan domain penyanyi. Bahkan jika aku mengajukan keluhan atau tuduhan, itu pantas dilakukan kepadaku sebagai komposer," tulis Lee Jong Hoon di Instagramnya.

IU Diterpa Isu Plagiarisme (KBIZoom)

Jong Hoon lantas menduga tuduhan itu bertujuan merusak citra sang artis. "Kedua, plagiarisme merupakan aduan pribadi, sehingga aduan atau tuduhan pihak ketiga tidak memiliki akibat hukum. Ini jelas menunjukkan kalau itu hanya niat untuk merusak artis dan bukan akibat hukum," imbuhnya.

Di akhir, komposer BBIBBI ini memastikan tidak melakukan plagiat selama mengerjakan lagu tersebut. Lee Jong Hoon juga menyatakan bersedia jika diminta menjelaskan secara detail tentang lagunya. Dia bahkan tanpa ragu akan memperbaiki kesalahpahaman demi meningkatkan lingkungan kreatif para seniman. 

"Kedepannya, jika ada bagian yang memerlukan penjelasanku, aku akan menjelaskan tanpa ragu, dan aku akan memperbaiki bentuk penjualan dan kesalahpahaman ini bahkan tanpa menempuh prosedur hukum," janji Lee Jong Hoon. 

"Aku ingin mengatakan bahwa ini bukan hanya keinginan kuat untuk melestarikan makna kreasiku, tapi juga untuk meningkatkan lingkungan kreatif seniman yang ada ke arah yang sedikit lebih diinginkan. Terima kasih," tutup Lee Jong Hoon.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"