Dituduh Plagiat Lagu! Agensi IU Serang Balik Dengan Laporkan Para Penyebar Hoaks Ke Polisi

Dituduh Plagiat Lagu! Agensi IU Serang Balik Dengan Laporkan Para Penyebar Hoaks Ke Polisi

IU tengah diterpa isu plagiarisme. Dilaporkan bahwa pada 8 Mei, Kantor Polisi Gangnam Seoul menerima laporan dakwaan yang diajukan terhadap IU. Di mana, penyanyi bernama asli Lee Ji Eun itu dituduh menjiplak 6 lagunya yaitu Good Day, The Red Shoes, Pitiful, Boo, BBIBBI dan Celebrity.

"Keenam lagu ini sangat mirip dengan lagu aslinya dalam melodi, ritme, dan perkembangan kode, dan dalam hal lagu seperti 'The Red Shoes', kemiripannya jelas terlihat bahkan di telinga orang umum. Terutama, semua 6 lagu diduga menjiplak intro," begitu tuduhan dari A.

Pelapor mengaku mengambil langkah hukum ini karena IU menolak untuk menanggapi tuduhan plagiarisme meskipun sudah banyak terjadi. Pihak IU justru melaporkan dan menghapus semua tuduhan tersebut di SNS yang menyinggung tentang pelanggaran hak cipta.

IU Diterpa Isu Plagiarisme (KBIZoom)

Tak lama setelah tuduhan itu mencuat, IU beserta agensinya, EDAM Entertainment merilis pernyataan resmi. Dengan tegas mereka mengatakan tengah menunggu perkembangan penyelidikan. Namun pihaknya belum menerima kontak resmi dari badan investigasi terkait masalah ini.

Agensi IU bahkan mengaku pertama kali tahu tentang tuduhan plagiat tersebut melalui artikel berita. Namun seiring dengan permasalahan ini, EDAM Entertainment tidak tinggal diam. Pada 10 Mei 2023, mereka mengumumkan akan membuat laporan balik ke polisi.

Pihak IU menyatakan bakal mengambil tindakan hukum tegas terhadap pemberi komentar jahat yang menyebarkan informasi palsu yang tidak berdasar. Di mana, ini juga terkait dengan adanya dugaan pencemaran nama baik hingga pelanggaran privasi.

"Kami menyadari fakta bahwa kecurigaan plagiarisme berdasarkan fakta palsu dan selebaran yang berisi rumor tidak berdasar telah didistribusikan di beberapa wilayah di komunitas online, SNS, dan YouTube terkait IU," begitu pernyataan EDAM Entertainment.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"