Gugatan Ji Soo Soal Pencemaran Nama Baik Ditolak, Pembuat Tuduhan Bully Dibebaskan Dari Tuntutan

Gugatan Ji Soo Soal Pencemaran Nama Baik Ditolak, Pembuat Tuduhan Bully Dibebaskan Dari Tuntutan

Kasus dugaan pelaku bullying yang menimpa Ji Soo pada Maret 2021, akhirnya menemukan titik terang. Setelah lama dinanti, pada 17 Januari 2023, salah satu pengacara netizen yang mengaku jadi korban bullying Ji Soo mengungkapkan bahwa kliennya menang dalam persidangan. Terungkap kalau polisi menolak pengaduan aktor 29 tahun itu. 

Berdasarkan laporan OSEN, polisi sudah mengeluarkan disposisi non-penuntutan (tanpa dakwaan) terhadap netizen 'A' yang diadukan oleh Ji Soo. Sebelumnya, Ji Soo menggugat netizen 'A' atas tuduhan pencemaran nama baik dengan membawa Undang-Undang tentang Promosi Informasi dan Komunikasi Saja dan Perlindungan Informasi versi Korea.

"Dalam kasus gugatan Ji Soo terhadap klien saya (korban bullying), di mana dia menuntut pencemaran nama baik, pengadilan memutuskan klien saya tidak bersalah atas semua tuduhan. Alasannya adalah bahwa komentar yang dibuat oleh klien saya tidak dapat dianggap salah," kata pengacara dari netizen 'A'.

Ji Soo Kalah Dalam Gugatan Pencemaran Nama Baik (Instagram)

Lebih lanjut, sang pengacara juga mengungkapkan bahwa sebelumnya Ji Soo tetap berpegang teguh kalau tuduhan bullying yang diarahkan kepadanya itu hanyalah gosip yang tidak berdasar. Bahkan pemain drama River Where The Moon Rises ini sempat mengajukan ganti rugi.

"Disposisi non-penuntutan sudah diputuskan, tetapi Ji Soo mengajukan dukungan finansial. Dia bahkan mengajukan gugatan perdata untuk ganti rugi, tetapi penyelidikan kejaksaan tetap ada, jadi Ji Soo tetap berpegang pada posisinya bahwa gosip itu tidak berdasar," sambungnya.

Seiring dengan ini, 'A' dipastikan tidak menyebarkan informasi palsu terkait tulisannya yang membeberkan bahwa Ji Soo pelaku bully. Sehingga, 'A' dibebaskan dari tuntutan Ji Soo terkait pencemaran nama baik. Secara tidak langsung, ini menjelaskan bahwa Ji Soo memang benar telah melakukan bully sesuai pernyataan 'A'.

'A' sendiri bukan sosok awal yang membeberkan bahwa Ji Soo pelaku bully. Tudingan ini bermula setelah netizen 'B' membeberkan Ji Soo adalah pelaku bully bahkan anggota geng iljin (geng pelaku bully) pada Maret 2021. Tulisan 'B' ini kemudian viral dan 'A' juga memberikan kesaksian sebagai korban Ji Soo lainnya. 



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"