Dispatch Rilis Detail Penyelidikan Soal Ji Woong ZEROBASEONE Mengumpat Ke Fans, Gini Hasilnya!

Dispatch Rilis Detail Penyelidikan Soal Ji Woong ZEROBASEONE Mengumpat Ke Fans, Gini Hasilnya!

Di awal Februari 2024, Kim Ji Woong ZEROBASEONE  terseret kontroversi perilaku usai dituduh mengumpat pada fans setelah melakukan fanmeeting melalui video call. Klip saat Ji Woong yang diduga mengucapkan kata kasar pun viral di Twitter.

Kejadian ini cukup ramai dibicarakan hingga membuat agensi ZEROBASEONE, WAKEONE harus membantah tegas di tengah permintaan besar-besar agar idol kelahiran 1998 itu dikeluarkan dari grup. Terbaru, Dispatch merilis laporan penyelidikan terkait masalah ini.

Pada Sabtu, 17 Februari 2024, Dispatch merilis salinan laporan analisis suara dari Layanan Forensik Korea yang menganalisis rekaman fancall Ji Woong dengan fans. Outlet media itu juga menjelaskan posisi Ji Woong dalam rekaman tersebut.

Dispatch Rilis Analisis Suara Soal Kim Ji Woong ZEROBASEONE (Dispatch)

Dalam laporan itu, badan forensik terungkap membandingkan dua video berbeda, yakni yang direkam fans dan CCTV dari gedung WAKEONE. Dari video itu, analis forensik mengutarakan forman (spektral maksimum yang dihasilkan dari renonansi vokal manusa) yang terdeteksi oleh pembicara dalam dua video.

Setelah diuraikan, analis memastikan bahwa tiga frasa yang bisa didengar secara berurutan: 1) 'terima kasih', 2) 'sshibal (f***)' dan 3) '(antara) aneh atau mencurigakan'. Selanjutnya, analis mendeteksi tidak ada kelainan pada frekuensi suara dari frasa 1, ke frasa 2, ke frasa 3. 

Analis kemudian menyimpulkan bahwa suara yang didengar telah direkam secara berurutan, tanpa dipotong atau pengeditan. Namun, analis menemukan perbedaan pola gelombang antara frasa 1 dan frasa 2. Berdasarkan perbedaan itu, analis mengambil dua kesimpulan.

Pertama, beberapa penyuntingan digunakan untuk menonjolkan ucapan frasa 2 dan frasa 3. Hal itu karena pengucapan kedua frasa ini jauh lebih jelas daripada frasa 1. Kesimpulan kedua, berdasarkan perbedaan pola gelombang, frasa 2 tidak diucapkan oleh orang yang sama dengan yang mengucapkan frasa 1.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"