Waspada! Ruam Kulit Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Serius Lho, Apa Aja?

Waspada! Ruam Kulit Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Serius Lho, Apa Aja?

Ruam menjadi salah satu masalah kulit yang biasanya tidak berbahaya, tetapi hal ini nggak boleh disepelekan begitu aja lho, gengs. Sebab, ruam bisa menjadi tanda berbagai jenis penyakit.

Menanggapi hal tersebut, Dr Walayat Hussain, juru bicara British Association of Dermatologists, mengatakan kulit itu bagaikan jendela tubuh yang bisa membantu mendeteksi berbagai masalah kulit.

Berbagai jenis masalah kulit bisa menandakan hal yang terjadi dalam tubuh, seperti eksim, psoriasis, dan jerawat. Meskipun masalah kulit tersebut seringkali menyebabkan frustrasi, tapi kondisi itu biasanya tidak menimbulkan risiko kesehatan yang serius.

Namun, para ahli telah memperingatkan ruam kulit serius bisa juga sebagai tanda suatu penyakit. Sebab, mereka pernah menemukan orang menderita kanker jenis tertentu, leukemia atau limfoma seringkali mengalami gejala ruam.

Berikut ini dilansir dari The Sun, Selasa (24/8/2021) beberapa jenis ruam kulit yang harus diwaspadai sebagai kondisi serius, adalah sebagai berikut:

1. Ruam merah merata yang bisa berubah bersisik

Mycosis fungoides adalah ruam umum pada pasien yang didiagnosis dengan limfoma. Limfoma sendiri adalah kanker sistem limfatik, yakni jaringan dan organ dalam tubuh yang bekerja untuk membersihkan kita dari racun.

Hal ini sangat berbahaya karena sel-sel kanker bisa melakukan perjalanan melalui tubuh dalam aliran darah. Kemudian, sel-sel kanker bisa tumbuh di beberapa tempat sekaligus dan mempengaruhi beberapa bagian tubuh lainnya.

Seseorang dengan limfoma dapat mengembangkan mikosis fungoides, ruam yang disebabkan ketika darah mengalir ke lapisan atas kulit. Pada tahap awal, gejalanya mungkin muncul berupa ruam merah merata, terasa gatal dan terlihat mirip dengan eksim.

Waspada! Ruam Kulit Bisa Jadi Tanda 5 Penyakit Serius (KlikDokter)

2. Bintik-bintik merah kecil yang menutupi kulit

Leukemia merupakan sejenis kanker yang dimulai di sumsum tulang dan bisa menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah.

Seseorang dengan leukemia juga dapat mengembangkan bintik-bintik merah kecil pada kulit yang dikenal sebagai petechiae.

Ruam ini disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah di bawah kulit. Anak-anak juga bisa mengalami ruam yang disebut leukemia myelogenous akut, yang mana bisa menyebabkan bintik-bintik gelap muncul di kulit.

3. Bintik-bintik merah di bawah kulit

Jika kamu mengalami bintik-bintik ungu di bawah kulit yang berukuran kecil hingga besar, itu bisa menandakan gangguan pembekuan darah.

Ruam itu disebut purpura yang disebabkan oleh rendah atau tingginya kadar trombosit, yakni sel dalam darah yang menyebabkan pembekuan.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"