Waspada! Jangan Terlalu Banyak Makan Santan Saat Lebaran, Ini 5 Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Kamu

Waspada! Jangan Terlalu Banyak Makan Santan Saat Lebaran, Ini 5 Gangguan Kesehatan Yang Mengintai Kamu

Mulai dari bulan Ramadhan , kamu akan lebih mudah menemukan makanan bersantan . Mulai dari kolak, kacang hijau sampai beragam varian es, semuanya mengandung santan. Belum lagi saat Lebaran  tiba, konsumsi makanan bersantan cenderung meningkat dengan kehadiran rendang dan opor ayam, yang merupakan makanan khas Hari Raya Idul Fitri.

Akan tetapi, sebanyak apapun makanan bersantan yang tersaji, kamu tetap harus waspada dan harus menahan diri untuk tidak makan terlalu banyak. Pasalnya, konsumsi makanan bersantan terlalu berlebihan bisa menimbulkan berbagai gangguan kesehatan. Dikutip dari laman Halodoc, berikut 5 penyakit yang mengintai kamu jika makan santan berlebihan.

1.    Jantung

Gangguan kesehatan pertama terjadi pada jantung. Hal ini karena santan dimasak dalam suhu yang tinggi dan berulang. Sehingga, kondisi ini memicu penumpukan lemak jahat di dalam santan. Jika dikonsumsi, lemak jahat itu akan berisiko memicu gangguan kerja pada jantung.

2.    Tekanan Darah Tinggi

Foto: Makanan Bersantan (KlikDokter)

Jumlah santan yang berlebihan juga bisa memicu peningkatan kadar trigliserida, yaitu salah satu jenis lemak yang berguna sebagai cadangan energi tubuh. Kondisi tersebut bisa berdampak pada penyumbatan arteri serta pembuluh darah dan akhirnya memunculkan penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi.

3.    Kolesterol

Mengonsumsi santan secara berlebihan juga bisa mengakibatkan adanya penumpukan lemak jenuh dalam tubuh dan memicu meningkatnya kolesterol. Terlebih jika makanan bersantan dipanasakan berulang-ulang kali.

4.    Asam Lambung



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"