Wajah Kembali Licin Seperti Remaja, Berikut 7 Tips Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Wajah Kembali Licin Seperti Remaja, Berikut 7 Tips Ampuh Mengecilkan Pori-Pori Wajah

Pori-pori besar yang mencolok adalah keluhan umum seseorang yang biasanya memiliki jenis kulit berminyak, atau yang usianya sudah tak muda lagi.

Namun seiring memasuki masa pubertas dan dewasa, pori-pori cenderung semakin menonjol. Ukuran pori-pori ini berbeda pada setiap orang dan bergantung pada beberapa faktor seperti usia, hormon, paparan sinar matahari, jenis kulit, dan sebagainya.

Nah, kalau kamu ingin pori-pori di kulit mukamu mengecil lagi seperti remaja, coba 7 tips berikut ini!

1. Lakukan perawatan kulit yang baik

Faktor penyebab pori-pori besar (anessa.id)

Gunakan pembersih yang lembut untuk mencuci muka di pagi dan sore hari. Untuk menjaga pori-pori bersih dari minyak berlebih, pastikan kamu hanya menggunakan produk berlabel bebas minyak atau nonkomedogenik (artinya tidak akan menyumbat pori-pori).

2. Oleskan pelindung sinar matahari

Perlindungan dari sinar matahari adalah suatu keharusan untuk menghindari hilangnya kolagen dan elastin akibat kerusakan kulit. Gunakan tabir surya spektrum luas dalam rutinitas perawatan kulit siang hari. Topi dan penghalang fisik lainnya juga dapat membantu melindungi wajahmu dari sinar UV.

3. Lakukan eksfoliasi kimia

Membersihkan pori-pori sel kulit mati dan minyak berlebih membantu pori-pori tampak lebih kecil. Pengelupasan kimiawi sesekali di rumah dapat membantu. Kamu dapat menggunakan sebagian besar eksfoliasi kulit yang dijual bebas setiap dua minggu dan terkadang setiap minggu, tergantung pada jenis pengelupasan dan kedalaman sel kulit yang dihilangkan.

Beberapa eksfoliasi yang bisa kamu gunakan: Asam glikolat, AHA yang umum, Asam salisilat, dan BHA yang populer. Produk perawatan kulit harian seperti toner, serum, dan perawatan yang mengandung asam dalam dosis yang lebih kecil juga bisa kamu gunakan.

4. Gunakan retinol



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"