Vidi Aldiano Kena Kanker Ginjal, Apa Aja Sih Penyebab dan Cara Mencegahnya?

Vidi Aldiano Kena Kanker Ginjal, Apa Aja Sih Penyebab dan Cara Mencegahnya?

Baru-baru ini, Vidi Aldiano menggemparkan publik, terutama bagi penggemarnya. Pada Jumat, 13 Desember 2019, Vidi bikin pengakuan lewat video. Dalam video itu, dia mengatakan kalo didiagnosa ngidap kanker ginjal.

Vidi Aldiano (tribunnews.com)

Vidi pun baru saja menjalani operasi pengangkatan kanker ginjal. Duh, siapapun pasti nggak mau punya masalah pada ginjal. Sebenernya apa aja sih penyebab dan gimana cara mencegah kanker dan masalah ginjal lainnya? Simak penjelasannya berikut!

Penyebab Kanker Ginjal

Sebenernya, belum diketahui secara pasti apa penyebab dari kanker ginjal. Kanker ini bakal dideteksi dokter saat DNA dalam sel-sel bermutasi.

Mutasi inilah yang bikin sel ginjal tumbuh abnormal dan nggak terkendali. Ini nantinya membentuk tumor yang bisa nyebar ke seluruh organ ginjal dan organ lainnya. 

ginjal manusia (jawapos.com)

Sementara itu, ada beberapa faktor lain yang bisa memicu kanker ginjal. Berikut faktor-faktor itu yang dilansir dari Alodokter.com:

- Obesitas

- Tekanan darah tinggi

- Merokok

- Genetik atau faktor keturunan

- Efek samping cuci darah

- Kerja di lingkungan yang terpapar zat, misalnya kadmium.

- Kelainan bawaan sindrom von hippel-lindau.

Cara Mencegah Kanker Ginjal

Saat ini emang kita nggak tau penyebab pasti dari kanker ginjal. Tetapi, kita juga bisa mencegahnya dengan ngelakuin hal-hal sederhana loh. Apa aja?

1. Berhenti Merokok

Taukah kalian kalo zat racun pada tokok bisa menghambat aliran darah? Ini bisa memicu hipertensi juga loh. Padahal, hipertensi kerap jadi penyebab sakit ginjal.

2. Jangan sembarang minum obat

Kita perlu hati-hati geng kalo mau minum obat medis, vitamin, atau obat herbal. Salah-salah dalam dosis bisa bikin ginjal kalian sakit.

3. Gaya hidup sehat



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"