Sekali mendayung, dua tiga pulau terlampau. Begini tips diet saat puasa agar berhasil.

Di bulan Ramadhan, umat Islam diwajibkan untuk melaksanakan ibadah puasa. Bagi beberapa orang, bulan ini bisa jadi kesempatan untuk menurunkan berat badan.

Namun, terkadang yang terjadi malah sebaliknya. Akibat terlalu banyak makan saat buka puasa, berat bukan berkurang tapi malah bertambah. 

Lalu, pertanyaannya, gimana cara diet saat puasa? Buat Paragengs yang pengin sukses melakukannya, coba deh tips diet saat puasa di bawah.

Diet saat puasa (abiummi.com)

Diet saat puasa

Sebenarnya, diet saat puasa tuh gak terlalu berbeda dengan diet yang dilakukan selain Ramadhan. Kamu juga butuh untuk memperhatikan keseimbangan asupan antara lemak, karbohidrat dan protein saat mengonsumsi makanan. Terutama saat membuat menu buka puasa maupun sahur.

Oleh karena itu, biar diet saat puasa berhasil, ada 3 hal yang harus kamu perhatikan. 3 hal itu antara lain:

Istirahat cukup

Diet bisa lebih efektif kalo kamu memberikan tubuh istirahat yang cukup. Mengapa hal ini penting? Karena, sebagaimana kita tahu dan alami, tubuh bakal kurang istirahat saat puasa.

Hal itulah yang nantinya bisa merusak metabolise tubuh. Dan jika hal itu terjadi, maka tubuh akan kesulitan untuk melakukan pembakaran lemak. 

FYI, gak cuma metabolisme aja yang rusak jika sampai kamu kekurangan tidur. Hormon ghrelin pun bisa meningkat. Padahal, hormon ghrelin berfungsi untuk meningkatkan nafsu makan.

Diet saat puasa (doktersehat.com)

Makan secara perlahan

Seperti sunnah dari Nabi, akhiri makan sebelum kenyang. Artinya, kamu wajib untuk menahan diri saat perut mulai terasa penuh.

Terutama perihal makan, kamu juga perlu untuk menyantap makanan secara perlahan. Dan ada baiknya untuk mendahulukan buka puasa dengan makanan ringan. Setelah itu tarawih dan baru kamu bisa menyantap hidangan berat.

Perbanyak konsumsi air putih

Sangat penting untuk mengonsumsi air putih, terutama saat kamu menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, kekurangan air putih saat menjalankan ibadah membuatmu harus bersegera menggantinya kala buka puasa.

Dan terkait tips diet saat puasa, air putih bisa memberimu banyak sekali manfaat kesehatan bagi tubuh. Apalagi kalo dibandingkan minuman yang mengandung gula. 

Eits tapi tetap ada formulanya untuk mengonsumsi air putih. Baiknya sih konsumsi air putih 3 gelas saat sahur, 3 gelas saat berbuka, 3 gelas usai salat Tarawih, lalu 2 gelas sebelum tidur.

Diet saat puasa (go-jek.com)

Hindari buka puasa dengan gorengan

Jajanan dan snack memang nikmat banget kalo disantap saat buka puasa. Bisa menggugah selera  makan. Namun, baiknya sih hindari semua makanan jenis gorengan. Apalagi kalo kamu sedang menjalani diet saat puasa.

Pasalnya, gorengan mengandung lemak dalam jumlah jamak. Terutama lemak jenuh. Kandungan lemak jenuh ini bisa membuat tubuhmu jadi makin gemuk dan memicu kolesterol jahat dalam tubuh.

Nah, selesai sudah bahasan kita mengenai tips diet saat puasa. Jika kamu pengin program diet berhasil, yuk terapkan cara di atas.

Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna



Facebook Conversations