Tips Aman Belanja Kebutuhan Rumah Ke Supermarket Di Tengah Pandemi Covid-19

Tips Aman Belanja Kebutuhan Rumah Ke Supermarket Di Tengah Pandemi Covid-19

Selama pandemi Covid-19 ini, banyak tempat publik ditutup, termasuk tempat ibadah, sekolah, perkantoran, dan pusat perbelanjaan. Tapi untungnya masih banyak supermarket yang buka demi memenuhi keperluan harian, seperti makanan, alat kebersihan, dan kebutuhan rumah tangga. 

Biar tetap aman, jangan lupa ya untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dengan pakai masker dan nggak ada salahnya membawa hand sanitizer selama bepergian. 

Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk belanja ke supermarket di tengah pandemi corona~ 

Belanja di supermarket (kyfb.com)

Jangan pergi saat sedang nggak enak badan 

Pahamilah risiko saat kamu bepergian. Kalau emang nggak yakin dan ngerasa kurang sehat, sebaiknya tunda dulu deh keluar rumah. Soalnya, ketika daya tahan tubuh lemah, kamu akan lebih berisiko terserang Covid-19. 

Pergi sendiri dan jangan terlalu lama 

Meski pergi ke supermarket rasanya jadi sebuah hiburan tersendiri, ingat kalau kamu nggak bisa menjadikan ini sebagai alasan untuk keluar rumah. Jangan sampai dikit-dikit bawaannya ingin ke supermarket, bahkan bisa seminggu kali. 

Belanjalah secara terjadwal, rasanya per dua minggu atau sebulan sekali pun cukup. Sisanya bisa belanja lewat situs atau aplikasi online, misalnya beli buah, sayur, daging, atau ikan tiap minggu biar fresh. 

Ingat kalau ini bukan momen jalan-jalan, jadi nggak perlu ajak keluarga. Pergilah seorang diri dan jangan terlalu lama di supermarket. Bikin daftar belanjaan akan mempercepat waktu kamu. 

Belanja di supermarket (presidentapartments.com.au)

Pergi ke tempat sepi dan selalu jaga jarak 

Sebaiknya, pilihlah supermarket yang tempatnya luas dan besar, kalau bisa malah yang sepi. Setidaknya tempat yang luas akan bikin kamu leluasa bergerak dan nggak berdesakan. Selama belanja pun, selalu ingat untuk jaga jarak. Meski hanya belanja sedikit, nggak ada salahnya kamu berkeliling dengan troli biar sekaligus bisa menjaga jarak dari orang sekitar. 

Pilih pembayaran non-tunai

Untuk pembayaran, sebaiknya pilih non tunai aja dengan kartu debit, kartu kredit, atau uang elektronik. Cara ini biar menghindarkan kamu dari menyentuh uang, baik dari dompetmu atau dari kembalian, yang mungkin udah disentuh banyak orang secara bergantian. 

Setelah dipakai, kamu bisa menyemprot kartu dengan cairan disinfektan sebelum dimasukin kembali ke dompet. Jadi, semua barang pribadimu bisa dipastikan kebersihannya~ 

Belanja di supermarket (freepik.com)

Bersihkan barang belanjaan

Sesampainya di rumah, kamu bisa membersihkan belanjaan terlebih dahulu. Bisa di area parkir rumah atau di halaman, pokoknya sebelum masuk pintu deh. Semprot belanjaan dengan cairan disinfektan untuk membunuh virus, bakteri, dan kuman yang mungkin nempel di barang-barang yang kamu beli. Untuk bahan makanan, bisa dilap pakai tisu basah antiseptik ya. 

Mempraktikan protokol kedatangan di rumah

Nah, setiap kamu sampai di rumah, langsung praktekin protokol berikut ini ya. Pertama-tama, lepas alas kaki, semprotin cairan disinfektan ke sepatu dan barang bawaan. Jangan menyentuh apapun, termasuk leyeh-leyeh di sofa, ngambil cemilan di dapur, atau langsung tidur. Mau nggak mau, kamu harus langsung cuci tangan dengan sabun, membuka seluruh pakaian, dan langsung mandi.

Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"