Ternyata Jam Segini yang Paling Tepat Berjemur Tubuh di Pagi Hari

Ternyata Jam Segini yang Paling Tepat Berjemur Tubuh di Pagi Hari

Imunitas tubuh yang kuat dipercaya bisa mencegar tertularnya COVID-19 ke tubuh. Salah satu cara meningkatkan imunitas tubuh dengan berjemur di pagi hari. Sebab paparan cahaya matahari bisa membawa manfaat besar dan membuat banyak orang berjemur di pagi hari.

Banyak orang yang memilih berjemur pada pukul 7 pagi atau 8 pagi agar terhindar dari sengatan matahari yang menusuk ke tubuh. Ternyata berjemur di jam 7 atau jam 8 pagi disebut kurang tepat. Ahli gizi dr.Tan Shot Yen mengungkapkan jam yang paling tepat untuk berjemur.

Menurut dr.Tan waktu yang paling pas untuk berjemur adalah pukul 10 pagi. Tentunya banyak pertimbangan kenapa jam 10 pagi adalah waktu paling baik untuk berjemur. "Yang kita butuhkan adalah ultraviolet B. Ultraviolet B ini gelombangnya pendek maka kita harus tunggu sedikit agar mataharinya naik," ujar dr.Tan dilansir dari Tribun.

Ilustrasi Berjemur di Pagi Hari (Liputan6.com)

Menurut dr.Tan matahari pukul 10 pagi akan memberikan paparan sinar ultraviolet B yang paling bagus untuk tubuh. "Jadi kita di khatulistiwa, jam 10 sudah ada matahari berada di atas,"tambah dr.Tan.

dr.Tan menambahkan bahwa dalam berjemur sebaiknya tak perlu lama karena cukup 15-20 menit. Sebab matahari pukul 10 pagi memang sudah cukup panas. Terkait lokasi berjemur sebaiknya diusahakan di tempat yang lapang sehingga banyak bagian tubuh yang terkena sinar matahari.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"