Ternyata Ada Varian COVID-19 Asal Indonesia, Lebih Bahaya dari Delta?

Ternyata Ada Varian COVID-19 Asal Indonesia, Lebih Bahaya dari Delta?

Varian COVID-19 selama ini berasal dari luar Indonesia seperti China, India, Afrika Selatan, hingga Inggris. Tapi ternyata ada juga varian COVID-19 yang berasal dari Indonesia. Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memberikan penjelasan soal varian itu. Apakah berbahaya?

"Yang asli Indonesia ada nomornya kalau nggak salah B 1466.2. Tapi varian itu tidak teridentifikasi sebagai varian yang berbahaya, masih kalah dibandingkan varian Delta,"kata Budi dilansir dari CNBC Indonesia.

Budi memaparkan WHO sudah memberikan informasi bahwa B.1466.2 bukan varian yang ganas jika dibandingkan dengan empat varian COVID-19 lain yang dikenal sangat  mematikan, mulai dari Alpha asal Inggris,  Beta asal Afrika Selatan, Gamma asal Brasil, dan Delta asal India.

Ilustrasi COVID-19 Varian Delta (Merdeka.com)

Tak dipungkiri dari keempat varian paling berbahaya, Delta asal India yang paling berbahaya di Indonesia. Varian Delta ini menjadi momok menakutkan pada ledakan gelombang kedua COVID-19 yang terjadi di Indonesia dan sebagian Asia Tenggara pada bulan Juni dan Juli silam.

Budi sebagai wakil dari pemerintah tentu tak mau kecolongan lagi agar varian COVID-19 dari luar negeri tidak lagi masuk ke Indonesia. Salah satu cara yang dilakukan dengan membatasi warga negara asing atau orang Indonesia yang datang dari luar negeri. "Kami sudah melakukan identifikasi semua bandara, pelabuhan, dan lintas batas darat," tegas Budi.



Facebook Conversations


"Berita ini adalah kiriman dari pengguna, isi dari berita ini merupakan sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengguna"